Search Engine Optimization (SEO)

Meta Description yang Mendatangkan Traffic Pengunjung

Written by mogodev · 1 min read >
Meta Description

Salah satu metode untuk mendatangkan pengujung ke suatu website adalah mengisi meta description pada halaman websiteMeta description adalah informasi singkat yang ditampilkan pada daftar hasil pencarian. Namun, tidak jarang kita menjumpai meta description yang tidak dimanfaatkan oleh pemilik website. Pada tulisan kali ini, kami akan menjelaskan metode yang tepat agar meta desciption di website Anda bekerja.

1. Menggunakan bahasa yang baik dan menarik pengunjung

Meta description bertujuan untuk membuat pembaca ingin mengujungi halaman website milik Anda. Kalimatnya dapat diawali dengan kata kerja yang akan membuat pengujung penasaran untuk melihat apa yang ditawarkan kepadanya.

Kata pembuka yang biasa digunakan misalnya: ‘telusuri lebih lanjut’, ‘temukan’, ‘pelajari selengkapnya’, atau ‘cek di sini’. Kata-kata sederhada ini mampu membuat seseorang terartik dan mencari tahu apa yang ditawarkan.

2. Tidak boleh lebih dari 155 karakter

Sebenarnya ini relatif, tetapi meta description yang baik harus efektif dan jelas maksudnya. Rata-rata mesin pencari menetapkan meta deskripsi pada kisaran 150-160 karakter. Meta description yang terlalu panjang akan membuat kalimatnya terpotong. Anda dapat menggunakan tools tertentu untuk mengecek dan menghitung panjang karakternya.

Kebanyakan pemilik website menggunakan meta description dalam bentuk narasi. Namun, Anda dapat mengkombinasikannya dengan kalimat seperti ‘Dapatkan harga murah selama masa promosi’. Cara ini akan membuat pembaca lebih tertarik dibandingkan Anda menulisnya biasa saja.

3. Coba gunakan simbol dan angka

Meta description tidak hanya memuat huruf. Anda dapat menggunakan angka dan simbol. Akan lebih efektif jika Anda menggunakan kombinasi huruf kapital dan huruf kecil.

Misalnya Anda tengah mempromosikan bisnis online, bisa saja menuliskannya ‘Dapatkan promo MURAH dan diskon 70% di akhir pekan ini!’. Tentunya lebih menarik daripada dengan huruf saja. Penggunaan tanda persen (%), jelas hal ini bisa mempengaruhi pengunjung maupun calon konsumen.

4. Hindari penggunaan spam keywords

Terkadang pemilik situs menggunakan kata-kata yang berulang di meta description. Padahal cara ini tidak baik untuk meta description. Anda dapat menggunakan keywordyang tengah populer dengan memanfaatkan tools Google Trends untuk disisipkan.

5. Bermanfaat untuk pengujung

Hal terakhir yang penting tentunya adalah tersedianya konten yang memberikan manfaat bagi pengujung website. Anda bisa membuat meta description yang memberikan solusi bagi pengunjung. Contohnya dengan menuliskan alasan mengapa pengunjung harus mengunjungi website Anda.

Bila konten yang ditawarkan sesuai dengan harapan pengujung dan merasa puas. Tentunya mereka akan membaca sampai selesai tetapi sebaliknya jika tidak puas, mereka akan segera meninggalkan website Anda.

Itulah beberapa teknik untuk menulis meta description yang efektif dan meningkatkan traffic untuk website bisnis online Anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *