Apakah Karier Digital Marketing Menjanjikan?

Apakah Karier Digital Marketing Menjanjikan?

Digital marketing atau pemasaran digital adalah sesuatu yang populer beberapa tahun belakangan.
Apakah Karier sebagai Digital Marketing Menjanjikan?
Apakah Karier sebagai Digital Marketing Menjanjikan?

Digital marketing atau pemasaran digital adalah sesuatu yang populer beberapa tahun belakangan. Efek pandemi COVID-19 membuat digital marketing menjadi sesuatu yang jauh lebih populer lagi.

Pandemi memaksa berbagai industri untuk bergerak ke arah digital dan memanfaatkan internet dalam menjual produk dan jasanya. Mereka yang menolak digital marketing akan tertinggal dan digilas zaman.

Pandemi COVID-19 secara langsung mendorong semua orang untuk menggunakan internet secara lebih luas. Kebijakan pemerintah yang membatasi aktivitas demi mengurangi penularan COVID-19 membuat berbagai kegiatan dilakukan secara daring.

Manusia semakin hari semakin bergantung dengan internet untuk mengerjakan segala sesuatu. Mulai dari membeli kebutuhan harian, transportasi, atau sekadar membayar tagihan yang dilakukan secara online.

Agar bisnis yang Anda jalankan bisa lancar, pasti juga akan sering menggunakan smartphone, laptop, atau komputer untuk bekerja.

Philip Kotler dalam Marketing 5.0 yang baru rilis tahun ini mengungkapkan pemasaran akan bergerak kearah digital marketing. Akan tetapi ia juga menyebutkan digital marketing akan membuat kemanusian semakin juga ditinggalkan.

Saya tidak akan membahas bukunya. Jika berminat, Anda dapat membeli dan membaca bukunya.

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah kegiatan mempromosikan produk, merek, atau layanan secara digital melalui internet. Contohnya melalui website, media sosial, market place, dan lainnya.

Professional dalam Digital Marketing

Tren menjalankan bisnis secara digital menghasilkan jenis pekerjaan baru bagi sesorang yang paham tentang bisnis, pemasaran, dan internet.

Mereka mendalami ilmu tentang cara memanfaatkan internet untuk pemasaran efektif melalui email, website, media sosial, dan sebagainya dengan tujuan menghubungkan konsumen.

Seorang profesional di bidang digital marketing dengan banyak cabang dapat berada pada posisi, di antaranya:

  • Online Content Developer
  • Social Media Marketing
  • Search Engine Optimization Specialist
  • Business Analytics Specialist
  • Brand Management
  • Mobile Marketing Specialist
  • Web Designer
  • Professional Blogger
  • Search Expert
  • Email Marketer

Seiring dengan pertambahan cabang pekerjaan ini, permintaan professional yang memahami digital marketing pada tiap-tiap perusahaan saat ini meningkat dengan drastis.

Tujuan Digital Marketing

Seorang profesional di bidang digital marketing akan memiliki jangkauan kemampuan yang luas dalam koneksi dan bisa membagikan hal positif kepada orang lain. Sehingga konsumen akan lebih tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Tujuan akhir dari penggunaan digital marketing adalah untuk meningkatkan konversi penjualan produk atau jasa. Digital marketing adalah cara paling efisien dalam meraih tujuan tersebut untuk saat ini.

Memulai Digital Marketing

Perkembangan digital marketing sangat cepat dan dinamis. Hal ini menghadirkan tantangan memilih metode digital marketing yang tepat untuk bisnis. Strategi digital marketing yang tidak tept akan berdampak fatal.

Untuk mengetahui metode digital marketing yang tepat bagi Anda atau ingin menjadi profesional digital marketing, Anda bisa mengikuti cara berikut:

  1. Ikuti web marketing di berbagai platform sosial media. Lalu perhatikan cara mereka untuk membuat iklan. Anda mungkin bisa mempelajari sesuatu dari melihat cara mereka.
  2. Bangun jaringan yang luas dengan para pakar. Belajar dari mereka bagaimana mengasah kemampuan tersebut.
  3. Buat dan promosikan brand milikmu sehingga meyakinkan perusahaan yang akan merekrut Anda.
  4. Ambil pelatihan digital marketing bersertifikat. Belakangan ini, pemerintah juga gencar dalam program pelatihan digital marketing secara gratis. Tidak ada salahnya untuk mengikutinya. Karena perekrut akan lebih tertarik pada calon pegawai yang memiliki sertifikat.
  5. Mendalami spesialisasi digital marketing melalui tutorial yang ada di internet.

Semakin banyak perusahaan yang berkompetisi untuk menonjolkan perusahaannya di era digital maka semakin banyak permintaan talent untuk Digital Marketing.

Sudah siapkah kamu untuk memiliki skill yang dibutuhkan perusahaan dan menjadi pakar digital marketing yang profesional?

Referensi: medium.com