4 Tips Kembangkan Bisnis Online Lewat Fitur Telegram

4 Tips Kembangkan Bisnis Online Lewat Fitur Telegram

Anda menjalankan bisnis online di Telegram? Jangan lewatkan fitur unik pendorong bisnis online berikut yang hanya ada di Telegram.
Bisnis Online di Telegram
4 Tips Kembangkan Bisnis Online Lewat Fitur Telegram

Telegram adalah satu platform pengiriman pesan instan yang sedang naik daun. Sehingga akan sia-sia jika tidak Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis online di Telegram. Penasaran? Baca artikel ini hingga akhir.

Pandemi COVID-19 mengubah dunia bisnis, situasi ini menciptakan tantangan baru yang mendorong pelaku bisnis untuk beradaptasi dan inovatif.

Apa lagi, situasi Indonesia pasca pandemi COVID-19 perlahan membaik. Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto menyebutkan kasus aktif dan positif baru kian menurun. Kasusnya menurun hingga 98% sejak gelombang pandemi kedua pada bulan Juli 2021 lalu.

Hal ini didukung vaksinasi yang terus dijalankan dengan masif. Pemerintah Indonesia juga meminta masyarat tetap menerapkan protokol kesehatan meski sudah melonggarkan aturan pembatasan sosial. Sehingga penyebaran COVID-19 bisa mereda.

Pandemi di Indonesia yang semakin mereda juga menjadi momentum bagi pelaku usaha untuk mendorong kembali bisnisnya. Salah satu strategi yang dapat adalah dengan melakukan digital marketing melalui media sosial atau platform pesan instan seperti Telegram.

Mengembangkan bisnis di Telegram sedikit berbeda dengan menggunakan platform pengirim pesan instan lainnya. Hal ini karena hadirnya beragam fitur unik untuk menjalankan bisnis online di Telegram.

Penasaran dengan cara menjalankan bisnis online di Telegram? Simak 4 tips mengembangkan bisnis online di Telegram berikut:

Dapatkan Tips dan Edukasi Bisnis Online di Telegram

Anda bisa menemukan berbagai channel dan grup di Telegram. Mereka membahas bisnis, marketing, dan masih banyak lainnya. Beberapa influencer bisnis juga membagikan tips bisnis online di Telegram lewat channel mereka masing-masing.

Salah satunya adalah Dewa Eka Prayoga, yang sukses di balik jasa konsultasi dan edukasi bisnis yang sering membagikan informasi lewat channel-nya Telegram.

Channel edukasi bisnis online di Telegram lain yang bisa Anda ikuti:

  • @punya_bisnis
  • @bisnisdigitalid
  • @bisnismillenial

Mereka membagikan berbagai tips dan trik bisnis kepada pelangganya di Telegram. Tentunya hal ini tidak boleh dilewatkan juga Anda sedang menjalankan bisnis online dari rumah.

Gunakan bot untuk Bantu Jawab Pertanyaan Pelanggan

Sebagai program open source, telegram mendukung aktivitas yang akan meningkatkan fungsi perpesanan mereka. Salah satunya, Telegram mendukung penggunaan bot tomatis untuk fitur dukungan pelanggan dari bisnis online di Telegram.

Anda bisa menggunakan bot untuk membantu bisnis online di Telegram dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. Bot akan membantu menjawab pertanyaan atau menghadapi komplain dari pelanggan.

Anda bisa membuat bot sendiri jika memiliki kemampuan pemrograman komputer atau bekerja sama dengan penyedia layanan chatbot Telegram untuk bisnis.

Maksimalkan Fitur Video Call untuk Meningkatkan Kualitas Layanan

Setiap channel di Telegram bisa menetakan grup resmi yang merepresentasikan mereka. Anda bisa menggunakan fitur video call di grup Telegram untuk mengadakan live Q&A bersama pelanggan.

Anda cukup menekan simbol chat di ujung kanan atas grup Telegram dan klik "Continue" untuk melakukan video call instant. Telegram juga mendukung opsi "Schedule a video call" untuk menjadwalkan agenda live streaming bagi pelanggan guna memberikan layanan yang lebih teratur.

Tingkatkan Engagement di Instagram Lewat Grup Telegram

Di Telegram terdapat banyak grup untuk meningkatkan engagement bisnis di Instagram. Mereka saling membagikan tautan postingan Instagram di grup engagement, kemudian anggota grup lainnya akan memberikan like dan komentar pada postingan tersebut.

Menarik bukan tips-tips yang diberikan? Setelah mengetahui berbagai fitur unik Telegram tadi, sekarang saatnya Anda mulai mencobanya langsung untuk mengembangkan bisnis online di Telegram yang dijalankan di masa pandemi ini.

Semoga bermanfaat!

Referensi: droidlime.com