SEO dan Desain Web - Bagaimana Cara Membuatnya Bekerja Sama?

SEO dan Desain Web - Bagaimana Cara Membuatnya Bekerja Sama?

Bagaimana SEO dan Desain Web Bekerja Sama untuk Meningkatkan Pemasaran Anda? Desain web profesional dan pekerjaan SEO diperlukan untuk mewujudkannya.
SEO dan Desain Web

Banyak perusahaan hampir tidak memahami pengaruh desain situs web mereka terhadap SEO dan visibilitas mereka secara umum. Hal ini disebabkan mereka hanya fokus membuat konten berkualitas yang menarik tautan dari media sosial, tetapi tidak untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Agar bisnis Anda mencapai tingkat keberhasilan yang optimal, diperlukan upaya SEO dan desain web yang saling melengkapi. Setelah Anda dapat menyatukan kedua proses dengan mulus, hasilnya adalah situs web yang mudah ditemukan dan ramah pengguna yang berkonversi dengan baik.

Pada artikel ini, kami menjelaskan bagaimana Anda dapat membuat SEO dan desain web bekerja sama untuk kesuksesan bisnis Anda secara keseluruhan. Beberapa area yang akan kami bahas meliputi manajemen konten, kinerja situs, dan struktur tautan.

Konten

Konten adalah istilah yang luas dalam manajemen situs web, sering kali mencakup aspek seperti teks, gambar, dan konten multimedia seperti video dan audio.

  1. Konten teks - Mesin pencari umumnya dianggap malas. Inilah mengapa sebagian besar digital marketing merekomendasikan bahwa konten penting termasuk judul H1, tautan navigasi utama, dan kata kunci utama ditempatkan di awal halaman atau posting. Dengan cara ini, spider web dapat dengan cepat memindai dan memahami apa pun yang dipublikasikan di halaman itu segera setelah mereka mengunjunginya dan sebelum mereka dapat melompat ke situs web lain.
  2. Gambar - Ukuran gambar Anda dapat memengaruhi kecepatan situs web Anda dan dengan ekstensi kinerja SEO-nya. Untuk hasil terbaik, optimalkan semua gambar yang diunggah ke situs web Anda untuk memastikan mereka memiliki dimensi dan format yang tepat. Jika memungkinkan, gunakan berkas SVG yang tidak hanya lebih kecil tetapi juga terlihat lebih jelas daripada JPG dan PNG yang lebih umum.
  3. Video - Ada banyak kesalahpahaman tentang dampak konten video pada SEO. Misalnya beberapa pemasar berpendapat bahwa hanya konten berbasis teks yang dapat menungkatkan visibilitas situs web.

Video dapat membantu meningkatkan keterlibatan di situs web Anda dan meningkatkan durasi pengunjung membuka situs web. Seperti yang diketahui secara luas, durasi kunjungan adalah salah satu faktor yang memengaruhi peringkat pada hasil pencarian.

Ingatlah untuk meng-host video Anda di platform seperti YouTube dan menyematkannya di situs web Anda untuk memastikan efek minimal pada kecepatan situs web Anda.

Ide tambahan yang juga sebaiknya Anda lakukan:

  • Batasi jumlah font - Font memainkan peran penting dalam meningkatkan keindahan dan branding situs web Anda. Namun, menyertakan beberapa jenis font yang berbeda dapat memengaruhi kecepatan pemuatan secara negatif.
  • Gunakan animasi - Menggunakan elemen interaktif seperti animasi adalah cara lain yang terbukti untuk meningkatkan keterlibatan pengguna. Tambahkan efek animasi seperti efek hover dan infografis dinamis untuk meningkatkan pengalaman pengguna daan pada akhirnya meningkatkan peringkat Anda.
  • Calls to action - Calls to action atau ajakan untuk melakukan sesuatu akan mengubah kunjungan biasa dari pengunjung menjadi suatu tindakan, dan sebagai hasilnya memungkinkan Anda mencapat sasaran untuk laman atau pos tertentu. Letakkan elemen-elemen ini di posisi strategis di halaman Anad dan terus uji dengan versi yang berbeda (berdasarkan kata-kata yang digunakan dan skeman warna) untuk menemukan beberapa yang mengonversi terbaik.

Kinerja Situs Web

Dengan beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa rentang perhatian rata-rata manusia terus menurun selama bertahun-tahun, ada baiknya memiliki situs yang memuat secepat kilat. Pengguna akan dengan cepat meninggalkan situs web Anda juka perlu waktu lama untuk memuat, menghasilkan peningkatan rasio pentalan kembali. Google tidak menyukai ini dan akan menurunkan peringkat Anda jika pesain Anda memiliki optimalisasi yang lebih baik.

Jadi, bagaimana Anda bisa menghindari ini?

Nah, cukup hanya meningkatan desain web Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Sederhanakan Kode Anda

    Kemajuan teknologi telah membuat pengkodean web menjadi kurang canggih seiring waktu. Saat ini, Anda hanya memerlukan beberapa baris kode untuk membuat perubahan signifikan pada situs web Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah mengikuti apa yang baru di dunia desain web sehingga kode Anda tetap seramping mungkin untuk kecepatan pemuatan yang cepat.

  2. Kompres Gambar Anda

    Hindari menggunakan gambar yang besar dan tidak dioptimalkan dengan baik karena dapat menghabiskan cukup banyak bandwidth Anda dan memperlambat situs web Anda. Saat melakukannya, jangan kompromikan kualitas gambar terutama sekarang karena ada beberapa alat yang untuk membantu Anda mengompres gambar dengan penurunan kualitas yang minimal. Terlebih lagi, Anda dapat menyimpan gambar dalam format yang memiliki efek minimal pada kualitas seperti BMP dan GIF.

  3. Gunakan Hosting Web yang Cepat

    Jangan pernah meremehkan pengaruh server hosting pada kecepata situs web dan kesuksesan bisnis Anda. Jika paket hosting Anda saat ini tidak lagi mengakomodasi tuntutan bisnis Anda, inilah saatnya untuk upgrade. Bicaralah dengan penyedia layanan Anda untuk solusi terjangkau yang akan meningkatkan kinerja situs web Anda.

Struktur Tautan

Google dan semua mesin pencari lainnya menggunakan perayap (spider) web untuk mengupulkan data yang kemudia mereka gunakan untuk menginformasikan hasil pencarian mereka. Perayap ini secara otomatis mengeklik tautan dan halaman indeks berdasarkan apa yang mereka temukan di sana. Terutama, link building didasarkan pada konsep ini.

Untuk menjadi yang terbaik dari mesin pencari dan pengguna, situs web Anda harus memiiki struktur tautan logis yang bebas dari redudansi dan tautan rusak. Ini tidak hanya penting untuk navigasi pengguna tetapi juga penting bagi spider web untuk mengakses dan mengindeks halaman yang sesuai.

Struktur tautan yang idel memperhatikan beberapa panduan berikut:

  • Tautan menu - Jenis tautan ini biasanya standar, dan digunakan di semua halaman situs web. Beberapa menu yang paling populer antara lain Home, About, Services, dan Contact.
  • Tautan footer (kaki) - Bagian footer menawarkan lokasi ideal untuk menambahkan tautan ke halaman utama situs web Anda dan membuatnya tampak lebih penting di mata mesin pencari. Mereka juga dapat berfungsi sebagai peta situs bagi pengguna yang ingin menjelajahi situs web Anda.
  • Tautan body (kontekstual) - Seperti namanya, tautan ini ditempatkan dalam halaman. Mereka dapat menuju ke halamana internal atau eksternal dan dianggap oleh Google sebagai yang paling kuat.
  • Tautan sidebar (bilah sisi) - Tautan ini ditempatkan di kedua sisi halaman dan sebagian besar digunakan untuk mengarahkan pengunjung ke halaman lain termausk posting terbaru/paling banyak dikomentari dan halaman kategori.

Kesimpulan

Desain situs web Anda dapat memengaruhi kemampuannya untuk menentukan peringkat kata kunci yang Anda targetkan pada hasil pencarian. Ini menjelaskan alasan mengapa sangat penting untuk menyelaraskan upaya SEO dan desain web Anda meskipun keduanya berjalan sebagai disiplin ilmu yang sama sekali berbeda. Tujuan utamanya adalah untuk menyenangkan pengguna dan mesin pencari, keduanya merupakan pendorong utama kesuksesan bisnis Anda.

Sumber: BloggerSpice