IndexNow, Protokol Baru Indexing Search Engine

IndexNow, Protokol Baru Indexing Search Engine

IndexNow adalah protokol baru yang dibuat bagi pemilik situs web untuk segera menginformasikan kepada mesin pencari terkait perubahan konten terbaru.
IndexNow
IndexNow, Protokol Baru Indexing Search Engine

IndexNow adalah protokol baru yang dibuat bagi pemilik situs web untuk segera menginformasikan kepada mesin pencari terkait perubahan konten terbaru yang di situs web mereka.

Proyek Microsoft untuk Efisiensi Indeks Konten

Microsoft mengumumkan IndexNow sebagai sebuah evolusi besar dalam cara mesin pencari menemukan dan mengindeks konten. IndexNow sendiri adalah proyek open source dan terbuka untuk semua mesin pencari yang berpartisipasi.

IndexNow merupakan inisiatif Microsoft Bing yang didukung oleh Yandex. IndexNow pertama kali diumumkan pada tanggal 18 Oktober 2021, pada blog resmi mesin pencari Bing.

Ketika konten diterbitkan atau diperbarui di sebuah situs web, IndexNow memberi tahu semua mesin pencari yang tergabung, hal ini akan mengurangi waktu pengindeksan.

Protokol ini bertujuan untuk membuat penjelajahan internet yang lebih efisien. Dengan memberi tahu mesin telusur apakah suatu URL telah diubah, pemilik situs web cukup sekali memberi sinyal yang untuk membantu mesin telusur memprioritaskan perayapan untuk URL ini.

Hal ini akan membatasi kebutuhan penjelajahan untuk menguji apakah konten telah berubah. Di masa depan, mesin pencari bermaksud membatasi perayapan situs web yang mengadopsi IndexNow.

Apa Itu IndexNow?

IndexNow adalah protokol baru yang dibuat oleh Microsoft Bing dan Yandex agar memungkinkan situs web untuk dengan mudah memberi tahu mesin telusur setiap kali konten situs web mereka dibuat, diperbarui, atau dihapus.

Dengan menggunakan API, setelah mesin pencari diberi tahu tentang pembaruan yang terjadi, mereka dengan cepat merayapi dan mencerminkan perubahan situs web dalam indeks dan hasil pencarian mereka.

Dalam bentuknya yang paling sederhana, IndexNow adalah ping sederhana sehingga mesin telusur mengetahui bahwa URL dan kontennya telah ditambahkan, diperbarui, atau dihapus, sehingga mesin telusur dapat dengan cepat menyesuaikan perubahan tersebut dalam hasil penelusuran mereka.

Tanpa IndexNow, dibutuhkan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu bagi mesin telusur untuk mengetahui bahwa konten telah berubah, karena mesin telusur tidak sering merayapi setiap URL. Dengan IndexNow, mesin pencari segera mengetahui "URL yang telah berubah, membantu mereka memprioritaskan perayapan untuk URL ini dan dengan demikian membatasi perayapan organik untuk menemukan konten baru."

IndexNow ditawarkan di bawah persyaratan Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike dan mendapat dukungan dari Microsoft Bing dan Yandex.

Metode Pengindeksan Mesin Pencari

Ada dua cara atau metode yang digunakan oleh mesin pencari untuk mendapatkan data halaman web, yaitu Pull (tarik) dan Push (dorong).

Pull

Metode Pull dilakukan ketika perayap mesin pencari mengunjungi situs web untuk meminta halaman web dan "menarik" data dari server. Ini adalah cara kerja mesin pencari secara umum saat ini termasuk Google.

Push

Sedangkan metode Push bekerja sebaliknya, di mana pemilik konten yang melakukan "push" atau dorongan untuk memberitahu mesin pencari mengenai perubahan konten mereka.

IndexNow menggunakan metode Push tetapi dari sisi mesin pencari, di mana IndexNow memberi tahu mesin pencari ketika konten telah diterbitkan atau diperbarui sehingga mereka langsung merayapinya.

Hal ini membuat penerbit tidak lagi harus menunggu mesin pencari merayapi dan menemukan konten. Mesin pencari langsung mengetahuinya dan mengunjungi situs tersebut untuk mengambil halaman baru atau yang diperbarui.

Dukungan Berbagai Pihak

Banyak situs web besar (seperti eBay, LinkedIn, MSN, GitHub, Bizapedia, dan lainnya) telah mengadopsi API pengiriman URL Webmaster Microsoft Bing dan merencanakan migrasi ke IndexNow.

Untuk saat ini sudah ada beberapa pihak yang diklaim dalam situs resmi mesin pencari Bing yang telah mulai mengadopsi IndexNow.

Content Management System (CMS)

Pihak IndexNow mengatakan bahwa mereka mendorong semua CMS untuk mengadopsi IndexNow untuk membantu pengguna mereka agar konten situs web terbaru mereka segera diindeks dan meminimalkan beban perayapan di situs web mereka.

Dalam situs resminya, mereka menyebutkan tiga nama CMS besar, yaitu:

  • Wix berencana untuk mengintegrasikan IndexNow.
  • Duda akan mendukung IndexNow dalam beberapa minggu.
  • WordPress, Microsoft Bing menyediakan kode open source untuk mendukung IndexNow guna membantu WordPress dan CMS lainnya untuk mengadopsi IndexNow.

Microsoft telah memberikan usulan untuk memasukkan integrasi IndexNow pada WordPress Core. Namun usaha tersebut belum berhasil dan tampaknya masih mengalami banyak kendala.

Kami sendiri biasanya memanfaatkan Rank Math sebagai tools dalam mengindeks situs web WordPress ke mesin pencari Bing.

Content Delivery Network (CDN)

  • Cloudflare, baca lebih lanjut tentang bagaimana Cloudflare mendukung IndexNow.org di sini.
  • Akamai, baca lebih lanjut tentang rencana Akamai di sini.

Perusahaan SEO

  • Botify berencana untuk mengintegrasikan IndexNow dalam solusi FastIndex -nya , bagian dari rangkaian Aktivasi Botify.
  • oncrawl berencana untuk mengintegrasikan IndexNow dalam penawaran mereka.
  • onely berencana untuk mengintegrasikan IndexNow dalam penawaran mereka.
  • Yext berencana untuk mengintegrasikan IndexNow dalam penawaran mereka.

Tapi sayangnya, semua CMS dan perusahaan SEO yang disebutkan di atas, dukungannya baru sebatas rencana, jadi belum ada yang benar-benar mendukung.

Sumber: projasaweb.com