Instagram akan Bikin Program Baru "Affiliate" untuk Kreator


Instagram umumkan mereka akan membuat program "Affiliate" untuk kreator pada acara pameran Creator Week beberapa waktu lalu.

Instagram telah berevolusi menjadi platform besar dengan berbagai fitur yang ditawarkannya. Aplikasi yang awalnya sebatas tempat berbagi foto, kini bisa dimonetisasi oleh penggunanya.

Contohnya melalui Reels, Instagram mengumumkan kalau mereka akan membayar kreator Reels lewat program "Bonuses".

Baru-baru ini, Instagram kembali mengumumkan proyek monetisasi terbaru mereka pada acara Creator Week. Rencananya, mereka akan menghadirkan beberapa opsi monetisasi baru untuk konten kreator, salah satunya lewat program "Affiliate".

Cara Kerja Program Instagram "Affiliate"

Program ini akan diuji coba dalam beberapa bulan mendatang di Amerika Serikat. Melalui Affiliate, memungkinkan kreator untuk mempromosikan produk 'yang tersedia di aplikasi Instagram' ke followers-nya. Setiap kali ada followers yang membeli barang tersebut, mereka akan mendapat komisi.

Seperti yang terlihat pada gambar, kreator dapat mendaftar ke program Affiliate. Kemudian mereka memilih produk yang tersedia di aplikasi untuk ditambahkan ke postingan.


Menguntungkan Kreator

Jika ada pengguna yang mengetuk postingan mereka, dan melanjutkan ke proses pembelian, kreator tersebut akan mendapatkan komisi.

Jadi bisa dibilang, ini adalah proses pemasaran influencer di mana kreator tak perlu repot-repot mendagangkan produk, dan bernegosiasi dengan followers-nya (soal harga produk). Mereka cukup mempostingnya saja di feed.

Program ini cukup menarik, hususnya bagi kreator yang memiliki banyak followers. Mereka akan makin mudah mendapatkan uang, pihak yang barang dagangannya dipromosikan juga ikut kebagian untung. Jadi sama-sama menguntungkan.

Kerugian Bagi Brand

Program Affiliate memang mempermudah kreator untuk mendapatkan uang. Akan tetapi, di sisi lain juga bisa menjadi bumerang bagi brand (pemilik produk) itu sendiri. Pasalnya selama ini, brand-brand terkenal selalu memilih artis atau selebgram yang rekam jejaknya bagus untuk mempromosikan produk mereka.

Sementara di program ini, Instagram terlihat belum mematok syarat khusus untuk kreator yang ingin bergabung ke Affiliate. Jadi semua kreator tanpa terkecuali mungkin bisa ikut mempromosikan brand-brand tersebut.

Baca Juga

Please Select Embedded Mode For Blogger Comments

Lebih baru Lebih lama

Suka dengan artikel ini? Mari ikuti juga kami di Facebook, Twitter Twitter, Telegram, Instagram, dan LinkedIn untuk mendapakan lebih banyak konten menarik.