5 Tips Ruang Kerja Nyaman Agar Betah Kerja Seharian Saat WFH

Ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan untuk membuat ruang kerja di rumah jadi nyaman sekaligus meningkatkan produktivitas kerja Anda.
Ruang kerja nyaman.

Pandemi COVID-19 yang masih belum berakhir mengharuskan banyak karyawan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Bekerja di rumah akan memberikan nuansa yang berbeda dengan bekerja di kantor. Agar tetap betah bekerja dari rumah, penting untuk memiliki ruang kerja yang nyaman di rumah. Ruang kerja yang nyaman akan meningkatkan semangat, kreativitas, dan produktivitas kerja.

Ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan untuk membuat ruang kerja di rumah jadi nyaman sekaligus meningkatkan produktivitas kerja Anda. Apa saja? Berikut tips membuat ruang kerja di rumah jadi lebih nyaman dari Design Pro Camille Styles dilansir Real Simple (25/2/2021).

{tocify} $title={Daftar Isi}

Buat Meja yang Lebih Tenang

Jika ruang kerja di kantor membuat bosan dan lebih cepat lelah, ini saatnya menghadirkan suasana berbeda pada ruang kerja di rumah. Buat meja kerja selalu tertata rapi. Sebab, meja kerja yang berantakan akan mengganggu kenyamanan bekerja.

"Saya suka menjaga permukaan meja saya tetap bersih dan teratur dengan beberapa sentuhan yang menginspirasi," kata Camille Styles.

Ruang kerja nyaman.

Buat Papan Inspirasi

"Saya suka memiliki mood board di kantor saya dengan gambar hal-hal yang sedang berbicara dengan saya — tetapi di masa lalu, mereka selalu merasa agak berantakan," kata Styles.

Mulailah untuk mengantung papan inspirasi seperti mood board di dinding ruang kerja. Sebab, mengelilingi diri dengan gambar, kutipan, atau desain yang disukai akan memberi motivasi lebih. Hal ini juga bisa semakin mempercantik ruang kerja.

Ruang kerja nyaman.

Pilih Warna yang Menenangkan

Pilih palet warna yang menenangkan untuk digunakan di ruang kerja. Styles menyarankan warna-warna cerah, seperti warna putih.

Dekorasi netral serta furnitur kayu berwarna putih juga bisa membuat ruangan terasa lebih menenangkan, sekaligus meminimalkan gangguan visual di ruangan.

"Di ruang Anda sendiri, pilih warna yang sesuai dengan suasana hati yang ingin Anda rasakan saat bekerja, baik yang santai, termotivasi, atau terinspirasi secara kreatif. Warna putih lembut dan biru pucat bisa menenangkan, sedangkan hijau bisa memicu kreativitas," jelasnya.

Jangan Lupakan Tanaman

Tips selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menempatkan tanaman di ruang kerja.

Tanaman dapat memberi kesejukan pada ruangan. Tempatkan di sudut ruangan atau jika memilih tanaman berukuran kecil maka letakkan di atas meja kerja.

"Yang terpenting, pilih tanaman yang sesuai untuk ruang kerja Anda. Jika Anda takut tidak ingat untuk sering menyiraminya, pilihlah succulents. Jika Anda memiliki ruangan tanpa sinar matahari, tanaman palsu adalah solusinya!" sarannya.

Sediakan Ruang untuk Perawatan Diri

Penting membuat ruang perawatan diri untuk menciptakan energi yang baik dan suasana bahagia.

Ada sejumlah dekorasi untuk ruang perawatan diri yang bisa dipilih. Seperti selimut yang nyaman, bantal besar, atau karpet yang bisa digunakan untuk meregangkan badan saat lelah bekerja.

"Perawatan diri adalah ide yang harus menjadi bagian dari kehidupan kerja kita juga," kata Styles.