10 Platform Chatbot Terbaik untuk Bisnis Anda

10 Platform Chatbot Terbaik untuk Bisnis Anda

Teknologi yang ada pada chatbot dapat membantu Anda untuk menjawab berbagai jenis pertanyaan maupun masalah dari pengunjung secara cepat dan tepat.

Chatbot untuk bisnis.

Apakah Anda pemilik bisnis online? Pernahkah Anda merasa kesusahan untuk menjawab pertanyaan konsumen yang berbeda-beda? Apakah Anda menjawab pertanyaan tersebut secara manual?

Saat ini, banyak perusahaan menggunakan chatbot untuk membantu mereka dalam menjawab pertanyaan dari pelanggan. Pernahkah Anda mendengar chatbot? Chatbot adalah program komputer khusus dengan kecerdasan buatan (AI) sehingga dapat melakukan percakapan dengan orang baik audio maupun teks. Platform chatbot ini sudah digunakan oleh banyak bisnis besar sehingga dapat berkomunikasi langsung dengan pelanggan serta memasarkan produk.

Selain percakapan, chatbot dapat membantu Anda untuk menghasilkan prospek, meningkatkan pengalaman pengguna, serta menghasilkan lebih banyak penjualan. Mengapa banyak bisnis menggunakan chatbot?

Salah satu manfaat dari chatbot yaitu memudahkan operasional serta mampu menghemat biaya customer services. Bayangkan jika dalam sehari terdapat 1000 pertanyaan dalam situs Anda dan Anda membalasnya secara manual dengan customer services, maka berapa banyak orang untuk mengatasi permasalahan tersebut?

Teknologi yang ada pada chatbot dapat membantu Anda untuk menjawab berbagai jenis pertanyaan maupun masalah dari pengunjung secara cepat dan tepat. Dengan banyaknya manfaat dari chatbot, berikut kami memberikan beberapa rekomendasi chatbot terbaik untuk bisnis Anda.

{tocify} $title={Daftar Isi}

ChatBot.com

ChatBot.com merupakan platform chatbot yang dapat membantu Anda dalam bisnis Anda. Platform ini tidak memerlukan kode tertentu atau keahlian teknis untuk menggunakannya. Saat pertama kali Anda mencoba untuk menggunakannya, maka Anda akan menemui templat terlebih dahulu. Pada templat ini mencakup beberapa hal seperti penjualan produk, layanan pelanggan, perekrutan, dan pemesanan.

ChatBot.com dapat Anda gunakan secara bersama dengan WordPress serta aplikasi populer lainnya untuk mendukung bisnis Anda. Salah satu hal terpenting yaitu platform ini merupakan chatbot terbaik untuk Facebook Messenger. Alat ini dapat membantu Anda untuk menargetkan ulang pelanggan di Facebook, mengumpulkan data, membelanjakan uang, serta iklan di Facebook.

ChatBot.com hanya menyediakan versi berbayar untuk berlangganan. Namun Anda dapat mencoba paket uji coba selama 14 hari secara gratis.

Lobster oleh EBI.AI

EBI.AI merupakan salah satu lab di Inggris yang paling canggih dan ditujukan untuk membuat chatbot AI tingkat perusahaan. EBI.AI merupakan otak dari beberapa chatbot AI terpintar dari Eropa, termasuk Cooper of Coop Sweden, SmartHelp of Legal & General Insurance, dan Stina of Stena Line.

Lobster merupakan produk yang dihasilkan dari EBI.AI, dan merupakan solusi SaaS untuk digunakan pada sebuah industri. Dengan menggunakan Lobster, Anda dapat menggunakan chatbot AI sepenuhnya hanya dalam empat sampai enam minggu. Lobster didesain secara hati-hati dan disesuaikan secara konsisten untuk seluruh web, aplikasi, telepon, serta speaker pintar.

Menggunakan Lobster untuk situs web Anda tidak ada ruginya. Hal ini karena Anda tidak hanya bekerja sama dengan Lobster namun juga EBI.AI yang memiliki reputasi sangat baik dalam bidang ini.

ManyChat

Chatbot ManyChat

Merupakan platform chatbot untuk Facebook Messenger. Lebih dari 1,3 miliar orang menggunakan Facebook Messenger, sehingga dengan memanfaatkannya dapat membantu Anda untuk meningkatkan promosi penjualan. Selain itu, dengan banyaknya orang yang menggunakan Facebook Messenger Anda juga dapat meningkatkan penjualan serta menangkap lebih banyak prospek bisnis.

Platform chatbot ini hadir dengan halaman antar muka yang sederhana dan sangat cocok dengan halaman Facebook Anda. Anda juga secara otomatis mampu menyambut pengguna baru, mengarahkan mereka ke produk, menjadwalkan pesan, mengunci kata kunci tertentu, dan masih banyak lagi.

Kabar baiknya, Platform ini menghadirkan versi gratis. Dalam versi gratis ini, sudah termasuk templat dasar hingga 10 tag untuk segmentasi pelanggan. Jika Anda menggunakan versi premium, maka Anda memiliki urutan dan tag yang tak terbatas, mendapatkan pengujian terpisah, serta tombol beli dan masih banyak lagi.

Chatfuel

Chatfuel merupakan platform chatbot yang populer dan dapat digunakan tanpa coding, namun khusus untuk Facebook. Platform ini menawarkan alat pengeditan yang berbeda dan Anda dapat mendesainya sesuai dengan keinginan sendiri. Selain itu, platform ini juga dapat membantu Anda untuk mengatur peraturan percakapan pada dasbor.

Pada Chatfuel, Anda dapat membuat chatbot untuk fungsi penasihat layanan pelanggan, asisten acara, maupun avatar pribadi.

Freshchat

Freshchat merupakan platform untuk berbagai aplikasi seperti WhatsApp, Messenger, Apple Business Chat, perangkat seluler, serta web. Platform ini dirancang untuk mendeteksi niat serta dapat terlibat dengan pelanggan. Freshchat juga dapat memberikan Anda daftar pertanyaan pelanggan serta jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Drift

Platform chatbot terbaik selanjutnya yaitu Drift. Drift merupakan platform yang tepat bagi pemilik bisnis skala yang cukup besar. Drift menawarkan Anda fitur untuk menggabungkan obrolan langsung serta chatbot secara otomatis. Selain itu, platform ini juga dapat terintegrasi dengan CRM paling populer serta mampu membantu Anda untuk layanan pemasaran email.

Integrasi oleh Drift membutuhkan pihak ketiga seperti Zendesk dan Help Scout. Namun Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakannya. Kemampuan Drift dapat memenuhi kebutuhan Anda, terlebih Drift dapat menyiapkan skenario untuk menjawab setiap pertanyaan pelanggan dengan tujuan meningkatkan penjualan.

Chatfuel

Chatfuel merupakan platform chatbot terbaik dan khusus untuk Facebook, Messenger, serta Instagram. Beberapa perusahaan ternama menggunakan Chatfuel untuk membantu dalam website mereka, seperti Adidas, T-Mobile, LEGO, dan TechCrunch.

Anda tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan Chatfuel, karena penggunaannya tidak memerlukan coding atau keahlian khusus. Chatfuel juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan penjualan serta memberikan jawaban yang tepat dan cepat atas pertanyaan konsumen.

MobileMonkey

Chatbot MobileMonkey

Merupakan platform dengan bidang yang sama seperti Chatfuel serta ditujukan untuk pengguna non teknis. Platform ini sangat cocok untuk pemula yang sedang belajar hosting, belajar website, dan belajar WordPress. 

Dengan platform ini, Anda dapat membangun chatbot untuk Facebook Messenger dan menggunakan berbagai alat seperti pesan siaran, kampanye, serta pembuatan daftar. Kabar baiknya, MobileMonkey tersedia dalam versi gratis untuk kontak tak terbatas, namun fitur terbatas. Jika Anda menginginkan fitur tanpa batas, maka Anda dapat membeli paket premier perbulannya. 

Tars

Tars merupakan platform yang memungkinkan Anda untuk membuat halaman arahan percakapan. Inti dari penggunaan platform ini adalah Anda mengganti halaman percakapan tradisional ke halaman chatbot.

Platform Tars sampai saat ini sudah dioptimalkan untuk pengguna seluler, sehingga mereka dapat melakukan percakapan dengan bot secara alami dan mudah. Sayangnya, platform satu ini tidak menyediakan versi gratis, namun Anda tetap bisa melakukan uji coba selama 14 hari secara gratis.

Tidio

Tidio merupakan rekomendasi platform chatbot terakhir yang dapat membantu Anda untuk berkomunikasi dengan klien. Komunikasi dapat Anda lakukan menggunakan web, seluler, Facebook Messenger dan beberapa aplikasi lainnya. 

Pada seluler, Tidio dapat membantu menjawab pertanyaan pengguna kapan saja dan di mana saja. Selain itu, Anda dapat mengaturnya untuk menjawab pertanyaan pelanggan secara khusus sesuai dengan keinginan Anda.

Tentang Penulis
Pitnia Ayu Saputri is the event manager of The Blogger Talk Padang. The Blogger Talk is a Non-Government Organization solely created by local bloggers as space for millennials to update and upgrade their knowledge.