Tips dan Strategi Marketing Instagram untuk Bisnis


Instagram merupakan salah satu media sosial yang digemari tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri. Pengguna bisa mengunggah foto, video, atau momen-momen menyenangkan mereka melalui Instagram.

Saat artikel ini ditulis, menurut NapoleonCat per Maret 2021, jumlah pengguna aktif Instagram di Indonesia sendiri sudah lebih dari 87 juta yang didominasi perempuan. Penggunaan Instagram yang relatif mudah dan menyenangkan tentu menarik bagi pengguna internet

Selain untuk penggunaan pribadi, Instagram juga bisa digunakan sebagai tempat promosi usaha. Misalnya usaha fashion, makanan, atau pun jasa. Usaha tidak biasa pada bisnis konvensional seperti jasa menambah follower media sosial atau like suatu posting juga bisa ditemukan.

Apakah berbisnis melalui Instagram menjanjikan?

Tentu saja, berbisnis melalui Instagram sangat menjanjikan. Selama kita usaha rutin mempromosikan bisnisnya serta menerapkan strategi marketing yang tepat, maka orang-orang akan tahu tentang bisnis kita.

Berbisnis melalui Instagram juga tidak sulit mengukurnya, jumlah follower adalah indikator seberapa besar bisnis online kita.

Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis online melalui Instagram, mari kita bahas satu per satu elemen penting yang perlu diperhatikan.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Posting

Memperbanyak posting adalah kunci dari meningkatkan marketing melalui Instagram.


Posting Anda tidak harus fokus pada produk yang ditawarkan, namun Anda juga perlu menyisipkan posting yang secara tidak langsung menyiratkan usaha Anda.

Sehingga orang akan membacanya dan kemudian bisa paham tentang isi, serta hubungan postingan tersebut dengan produk Anda.

Anda bebas memposting sebanyak apa pun di Instagram, namun kami sarankan batasi postingan produk Anda paling banyak 5 postingan sehari.

Bagaimana jika ingin mengunggah lebih dari 5 postingan sehari?

Tujuan seseorang menggunakan Instagram adalah urusan pribadi. Jika lini masa mereka dipenuhi postingan produk Anda, mereka bisa saja kesal dan meng-unfollow atau bahkan memblokir akun Anda.

Lain cerita juga Anda juga menyisipkan postingan yang memberikan nilai/value pada mereka. Membuat posting berisi tips-tips atau sesuatu yang bermanfaat bagi follower adalah sesuatu yang tidak boleh Anda lewatkan.

Tentunya, jangan lupa sisipkan detail usaha Anda seperti produk, harga, keterangan gambar, alamat, dan keterangan yang dapat mendukung usaha atau bisnis Anda.

Caption

Penggunaan caption yang tepat dan benar akan mendukung berkembangnya bisnis Anda. Hal ini akan berperan dalam meningkatkan makna dari gambar atau video yang diposting.

Terakhir, sertakan juga bebagai variasi hashtag yang berkaitan dengan gambar atau video promosi, misalnya Anda bisa menggunakan hashtag #bajucantik atau #bajulebaran jika Anda menjual pakaian.

Anda dapat mencari tahu sendiri yang sesuai dengan usaha atau bisnis Anda. Pastikan juga caption yang tertera merupakan caption yang sesuai dan tidak asal-asalan.

Penggunaan hashtag akan berperan dalam menjangkau lebih banyak calon konsumen melalui menu Explore.

Untuk lebih mudahnya, Anda juga bisa gunakan beberapa alat untuk meriset hashtag favorit di sini.

Follower

Kepercayaan pembeli sangat berpengaruh dari seberapa banyak follower yang Anda miliki.


Anda bisa meningkatkan jumlah follower dengan mempromosikan akun Instagram pada akun media sosial lainnya serta menambahkan tautannya pada website atau blog Anda.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti akun-akun yang sesuai dengan produk Anda. Algoritma Instagram nanti akan menyarankan penggunanya untuk mengikuti akun Anda apabila Anda mengikuti akun tertentu.

Yang paling penting, jangan pernah membeli jasa follower. Kualitas akun Anda tetap akan bergantung dari engagement rate followers Anda, bukan hanya dari kuantitas pengikut.

Follower yang tumbuh secara organik menandakan bahwa pengikut Anda memang memiliki minat yang sesuai dengan produk Anda. Hasilnya? Konversi penjualan yang semakin tinggi!

Testimoni

Setelah pelanggan membeli produk atau menggunakan jasa Anda, jangan lupa minta testimoni dari mereka.

Testimoni dari pelanggan bisa dijadikan bahan untuk postingan yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan jumlah pembeli.

Sering lihat online shop yang selalu memposting testimoni dari pelanggannya?

Hal ini merupakan bukti bahwa testimoni adalah alat ampuh yang dapat meyakinkan pembeli bahwa bisnis Anda benar, terbukti, dan terpercaya.

Konten testimoni dengan tema review bahkan tidak jarang menjadi trending di YouTube. Sebesar itulah bagaimana kekuatan testimoni seseorang bisa menggerakkan orang lain, entah itu baik atau buruk.

Testimoni yang buruk benar-benar bisa menghancurkan usaha.

Maka dari itu, cobalah untuk rajin memposting testimoni dari para pelanggan Anda untuk meyakinkan calon pembeli.

Beserta dengan testimoni, posting juga pengalaman pelanggan. Atau cara mudahnya adalah dengan memposting ulang postingan klien di Instagram.

Spam

Banyak pebisnis di Instagram yang suka spam di kolom komentar orang lain. Padahal itu sangat tidak dianjurkan bagi pemilik bisnis yang ingin bisnisnya tumbuh secara profesional dan terpercaya.

Bolehlah kita sesekali spam di kolom komentar yang sesuai dengan bisnis kita, atau kadang ada juga pengguna Instagram yang memperbolehkan follower-nya membuka gerai bisnisnya di kolom komentarnya. Selama memang sudah diizinkan oleh si pemilik akun. Nah, kalau tidak diizinkan, lebih baik kita hindari nge-spam di komentar orang ya!

Gunakan Instagram Shopping

Anda juga bisa memanfaatkan fitur baru Instagram Shopping dalam mendongkrak penjualan. Tutorialnya? Akan kami beritahu pada artikel berikutnya.

Jika Anda masih pusing dengan strategi marketing melalui Instagram, serahkan saja kepada kami.

Mogodev melayani jasa social media marketing dengan harga terjangkau terutama bagi Anda yang bahkan baru memulai bisnis.

Untuk info lebih lanjut, silakan hubungi kami di halaman Kontak Kami.

Baca Juga

Please Select Embedded Mode For Blogger Comments

Lebih baru Lebih lama

Suka dengan artikel ini? Mari ikuti juga kami di Facebook, Twitter, Telegram, Instagram, dan LinkedIn untuk mendapakan lebih banyak konten menarik.


Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...