9 Teknik SEO Off-Page untuk Meningkatkan Traffic Situs Web Anda


Saat ini jika Anda menginginkan traffic yang terus meningkat, SEO on-page saja tidak cukup. Anda membutuhkan SEO off-page sehingga dapat meningkatkan SEO situs secara keseluruhan.

SEO off-page dan SEO on-page adalah dua hal yang berbeda. SEO on-page merupakan kegiatan yang Anda lakukan pada halaman situs untuk meningkatkan SERP. Sedangkan SEO off-page mengacu pada kegiatan Anda di luar situs, namun berguna untuk meningkatkan SERP.

SEO off-page ini dapat membantu mesin pencari untuk menemukan apa yang orang lain pikirkan, mulai dari produk, layanan, maupun nama website Anda. Backlink merupakan salah satu hal penting dalam hal ini, terlebih jika Anda menautkan ke website yang kuat.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Teknik SEO Off-Page yang dapat Anda lakukan untuk Meningkatkan Traffic Situs Web Anda

Backlink

Tentu saja SEO tidak terlepas dari backlink, baik itu on-page maupun off-page. Jika Anda dapat backlink situs Anda ke website yang kuat dan relevan, maka akan menguntungkan situs Anda. Hal ini karena kemungkinan website Anda mendapatkan lebih banyak pengunjung yang berasal dari link tersebut.

Anda perlu memperhatikan mengenai backlink ini. Algoritma Google dapat berubah sewaktu-waktu. Saat ini algoritma Google yaitu backlink dengan tujuan yang tepat dan sesuai dengan keinginan pengunjung. Anda hanya akan sia-sia jika memiliki backlink yang banyak namun tidak tepat dengan keinginan pembaca.

Brand Mention

Brand merupakan identitas awal dari situs web Anda. Tahun 2017, Analis Tren Google Webmaster melakukan penelitian dan mengatakan bahwa jika konten yang Anda buat berkualitas, memiliki backlink maka akan meningkatkan image Anda. Penyebutan tersebut dapat memberikan sinyal ke Google bahwa banyak orang membicarakan tentang situs Anda.

Selain itu, semakin banyak orang-orang menyebutkan brand Anda maupun produk Anda, maka dapat meningkatkan traffic situs Anda. Jadi, Anda perlu meningkatkan penyebutan tersebut sehingga membantu meningkatkan traffic Anda.

Bagaimana jika brand Anda banyak disebutkan di berbagai platform namun tidak ada link yang menuju ke situs Anda? Apakah masih berpengaruh terhadap situs Anda?

Sebenarnya, tanpa memberikan link di media sosial, Anda tetap mendapatkan keuntungan. Hal ini karena pembaca media online menjadi familiar dengan website Anda. Namun jika kita lihat dari kacamata SEO, penyebutan brand tanpa link tidaklah memberikan efek yang besar. Penyebutan tersebut tidak mempengaruhi authority maupun trafik Anda.

Komentar

Dahulu mungkin Anda melakukan blogwalking dengan mengunjungi website lain dan meninggalkan jejak dengan berkomentar. Saat itu, algoritma mesin pencari masih mendukung sehingga dapat menjadi salah satu strategi Anda untuk backlink. Namun saat ini hal itu tidak berguna.

Walaupun sudah tidak berguna dalam algoritma mesin pencari, meninggalkan komentar pada beberapa situs dapat menjangkau lebih banyak pengunjung. Dengan begitu, Anda dapat membangun relasi yang lebih baik lagi.

Listing Bisnis

Terdaftar pada listing bisnis dapat menguntung bagi situs Anda. Jika bisnis Anda yaitu kuliner, Anda dapat bergabung dengan GoFood dan GrabFood. Jika niche bisnis Anda adalah penginapan, tempat rekreasi, dan restoran, Anda dapat bergabung dengan Trip Advisor.

Dengan memanfaatkan listing bisnis ini, Anda akan memiliki satu halaman khusus pada situs tersebut yang membahas mengenai bisnis Anda. Tentu saja hal ini dapat membantu dalam SEO off-page Anda.

Manfaatkan Google Bisnisku

Google juga menyediakan layanan listing bisnis. Layanan ini gratis dan dapat Anda gunakan dengan mudah dan syaratnya yaitu memiliki bisnis. Google Bisnisku dapat membantu Anda untuk meningkatkan kualitas SEO off-page Anda serta SEO lokal pada situs Anda.

Apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan Google Bisnisku? Tentu saja tidak hanya memengaruhi SEO off-page Anda, Google Bisnisku juga dapat membantu Anda muncul pada halaman pencarian. Lebih lanjut, bisnis Anda juga dapat muncul di Google Maps serta masuk ke dalam kotak snack pack pencarian Google. Banyak sekali bukan manfaat yang akan diperoleh?

Jaringan Sosial

Berbagai macam kegiatan sudah berlangsung secara online, sehingga orang-orang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menjelajahi situs jaringan sosial. Melibatkan dan memanfaatkan jaringan sosial merupakan strategi SEO off-page yang tepat sehingga mampu meningkatkan kunjungan situs Anda. Saat sebuah konten Anda mendapatkan kunjungan dari beberapa IP, akan mengirimkan sinyal ke Google bahwa saat ini pengunjung sedang mengakses situs Anda.

Review

Menurut laporan dari Moz, review menjadi salah satu faktor pada SEO lokal. Review mengenai produk serta bisnis Anda dapat berpengaruh terhadap SEO off-page.

Jika Anda berpikir bahwa Anda telah banyak mendapat review di Google Bisnisku sehingga tidak membutuhkan review di situs web lain, maka itu pemikiran yang salah. Semakin banyak review bisnis Anda, semakin positif review tersebut, maka semakin besar perannya dalam SEO off-page.

Sayangnya, banyak tipe pelanggan yang enggan untuk memberikan review produk, walaupun mereka sangat menyukai produk Anda. Anda dapat memancingnya dengan mengadakan give away, sehingga pelanggan tersebut akan termotivasi untuk menuliskan pendapat mereka. Anda juga dapat menentukan di mana mereka menuliskan pendapat, apakah di website mereka sendiri, Google Bisnisku, maupun situs review tertentu.

Konten dalam Berbagai Bentuk

Platform media sosial memiliki tingkat populernya sendiri. Contohnya saja Instagram yang lebih populer untuk gambar, Youtube untuk video, Facebook dan Twitter untuk mengekspresikan pikiran. Kebanyakan orang fokus akan satu platform, sehingga mengabaikan platform lainnya.

Anda perlu untuk menyediakan konten dalam berbagai bentuk. Misalnya Anda sudah menulis dan update di Facebook serta Twitter mengenai panduan membuat sebuah website. Nah, Anda dapat membuat konten tersebut dalam bentuk video dan upload di Youtube serta menambahkan URL konten website Anda. Selain itu, Anda juga dapat membuat info grafik yang menarik dan upload di akun Instagram, sehingga orang-orang tertarik akan konten tersebut.

Dengan cara ini, Google dapat lebih mudah menemukan konten Anda dan akan memberikan berbagai pilihan pada halaman pencarian. Tentu saja selain meningkatkan SEO off-page, juga akan meningkatkan brand mention terhadap pelanggan.

Bookmark Sosial

Bookmark sosial merupakan salah satu cara untuk mendatangkan pengunjung secara instan. Walaupun masih terdapat perdebatan mengenai hal ini, terdapat dampak yang cukup menguntungkan bagi situs Anda. Beberapa situs bookmark sosial yaitu StumbleUpon, Delicious, Digg, dan Reddit. 

Jika Anda tertarik untuk menggunakan bookmark sosial, usahakan untuk menulis tagline yang menarik serta menyajikan konten yang berkualitas. Dengan begitu, artikel Anda akan disukai oleh banyak pembaca. 

SEO off-page biasanya lebih sulit daripada SEO on-page. Hal ini karena Anda tidak memegang penuh kendali akan hal tersebut. Namun, kesulitan yang Anda hadapi akan berpengaruh positif saat authority dan trafik website Anda meningkat.

Tentang Penulis
Pitnia Ayu Saputri is the event manager of The Blogger Talk Padang. The Blogger Talk is a Non-Government Organization solely created by local bloggers as space for millennials to update and upgrade their knowledge.


Anda kesusahan dalam melakukan SEO off-page pada halaman ini? Serahkan saja urusan SEO Anda kepada kami, Anda cukup fokus pada bisnis Anda. Mari diskusikan bersama Anda dengan kami.

Baca Juga

Please Select Embedded Mode For Blogger Comments

Lebih baru Lebih lama

Suka dengan artikel ini? Mari ikuti juga kami di Facebook, Twitter, Telegram, Instagram, dan LinkedIn untuk mendapakan lebih banyak konten menarik.


Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...