Panduan SEO On Page 2021 untuk Pemula untuk WordPress dan Blogger


Pengoptimalan halaman untuk mesin pencari disebut Search Engine Optimization. Sehingga halaman tersebut dapat dimengerti oleh mesin pencari seperti Google Search Engine, Bing, Yandex, dll.

Halaman web dioptimalkan sedemikian rupa dengan menggunakan teknik SEO On-Page.

Artikel ini akan membahas tentang SEO On-Page dan cara mengoptimalkan halaman web untuk mesin pencari.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Mengapa SEO On-Page Penting?

Seperti yang sudah Anda ketahui, bot mesin pencari Google menggunakan kecerdasan buatan untuk memahami kontennya. Mesin pencari harus menganalisis konten untuk ditampilkan dalam hasil pencarian. Bot dapat memahami tag semantik HTML5 seperti <main> <article> <header> <footer> dan h1, h2, h3, p, div, dll.

Apa yang terjadi jika tema tidak menggunakan tag HTML5 terbaru dan hanya menggunakan tag <div>. Akan sulit bagi mesin pencari untuk memahami isinya. Dalam kasus seperti itu, mesin pencari membutuhkan sejumlah data untuk membandingkan dan menganalisis konten. Artinya, konten tersebut tidak mudah dipahami atau tidak dioptimalkan untuk mesin pencari.

SEO On Page penting karena membantu mesin pencari untuk memahami konten dan menampilkan situs web di hasil pencarian.

Tulis Konten yang Ramah SEO

Untuk membuat konten mudah dipahami oleh mesin pencari, tulis konten yang ramah SEO.

Anda bisa menggunakan plugin SEO tambahan pada WordPress seperti Yoast, Rank Math, atau All in One SEO.

Mogodev sendiri menggunakan Rank Math untuk optimalisasi pada situs web yang dibangun atau dikelola.

Gunakan Tema yang Dioptimalkan untuk SEO

Inilah yang Anda butuhkan pada awalnya untuk SEO On-Page. Tema yang sepenuhnya ramah SEO yang menggunakan HTML5 dan tag schema markup. Untuk WordPress, temanya harus kompatibel dengan HTML5 atau coba tambahkan tag semantik ini.

HTML5 membantu bot perayap untuk memahami bagian main content, sidebar, header, footer, dll. 

Tema harus dioptimalkan untuk pengiriman JavaScript dan CSS. Ini harus menghilangkan pemblokiran render sehingga bisa menampilkan situs web dengan cepat. Paling penting, temanya harus ringan agar dapat ditayangkan pada kecepatan tercepat.

Tautkan Situs Web untuk SEO On-Page terbaik.

Artikel yang saling terkait satu sama lain akan meningkatkan situs web dalam hal pengoptimalan mesin pencari.

Seseorang harus menghubungkan konten situs web satu sama lain untuk membuat situs web skor tinggi. Ini akan meningkatkan informasi pengguna, dan pengguna akan mendapatkan semua informasi tentang topik yang dibahas.

Situs web berita besar biasanya memiliki SEO Specialist dalam tim redaksi mereka untuk melakukan pekerjaan semacam ini.

Mengoptimalkan Kecepatan Situs Web

Kecepatan situs web adalah salah satu parameter penting dan akan diperhitungkan untuk SEO On-Page. Pembaruan inti vital web akan berlaku mulai Mei 2021. Inti web vital mencakup Largest Contentful Paint, First input Delay, dan Cumulative Layout Shift.

Kecepatan situs web dapat dioptimalkan dengan:

  1. Hosting situs web di server yang cepat
  2. Menghapus kode atau berkas CSS yang tidak dipakai,
  3. Menggunakan tipe koneksi HTTP2.
  4. Dan masih banyak lagi.

Tag Schema Markup untuk SEO On-Page

Schema Markup dikembangkan oleh Google, Bing, Yandex, dan Yahoo untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Tag Schema Markup membuat konten mudah dipahami oleh robot seperti bot Mesin Telusur Google.

Pengguna WordPress dapat menambahkan Schema Markup menggunakan Yoast SEO, Rank Math, atau Plugin All in One SEO. Bahkan tema-tema terbaru sudah menyediakan tag skema bawaan.

Pengguna Blogger dapat menggunakan tema yang kami gunakan jika Anda telah berlangganan artikel, cukup kabari kami di Kontak. Tema yang kami gunakan tentunya juga sudah dioptimalisasikan untuk pengguna bahasa Indonesia atau dari Indonesia.

Sunting atau Hapus Konten Berkualitas Rendah

Blog atau situs web harus berisi konten berkualitas tinggi untuk mendapatkan peringkat dalam hasil pencarian. Jika situs web berisi konten berkualitas rendah, coba ubah agar bisa memberikan nilai tertentu ke internet atau lebih baik hapus konten tersebut.

Anda kesusahan dalam melakukan SEO on-page untuk WordPress dan Blogger pada halaman ini? Serahkan saja urusan SEO Anda kepada kami, Anda cukup fokus pada bisnis Anda. Mari diskusikan bersama Anda dengan kami.

Rujukan: [1]

Baca Juga

Please Select Embedded Mode For Blogger Comments

Lebih baru Lebih lama

Suka dengan artikel ini? Mari ikuti juga kami di Facebook, Twitter, Telegram, Instagram, dan LinkedIn untuk mendapakan lebih banyak konten menarik.


Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...