9 Plugin Keamanan WordPress Terbaik untuk Website Anda

Plugin kemanan Website WordPress.

Mengapa setiap situs membutuhkan plugin keamanan? Apakah setiap situs memiliki risiko terkena malware, serangan brute force, dan peretasan lainnya? Bukankah keamanan default dari WordPress sudah ada?

Karena banyaknya pertanyaan terkait keamanan WordPress, maka pada artikel ini kami akan membahas apa pentingnya menggunakan plugin keamanan. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi plugin keamanan yang memiliki peringkat tertinggi.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Alasan membutuhkan plugin keamanan

Perlu Anda ketahui, bahwa ada sekitar 18,5 juta situs web yang terinfeksi malware setiap minggunya. Rata-rata situs web tersebut diserang sebanyak 44 kali, baik itu WordPress maupun non WordPress. 

Apa saja dampak peretasan situs?

Peretasan situs akan menyebabkan kerusakan serius pada website Anda, terlebih jika website tersebut merupakan website bisnis. Dampaknya yaitu:

  • Peretas dapat mencuri data Anda serta data pengguna maupun pelanggan Anda.
  • Situs web yang terkena retas dapat digunakan untuk mendistribusikan kode berbahaya ke pengguna lain serta ke situs web lain tanpa dicurigai.
  • Kehilangan data, kehilangan akses masuk, serta akun terkunci.
  • Situs web dapat dirusak dan dihancurkan sehingga memengaruhi peringkat SEO dan reputasi perusahaan Anda.

Dampak tersebut tentu saja merugikan Anda. Situs web yang sudah terkena retas akan sulit untuk memperbaikinya lagi walaupun menggunakan bantuan profesional.

Rekomendasi plugin keamanan terbaik

Sucuri

Sucuri untuk plugin kemanan Website WordPress.

Salah satu langkah penting untuk menghindari masalah ini adalah dengan menggunakan plugin keamanan WordPress. Selain itu, Anda juga dapat memblokir serangan brute force pada situs tersebut.

Beberapa layanan yang dari Sucuri: 

  • Audit aktivitas. 
  • Pemantauan file setiap saat. 
  • Pemindaian malware (pemindaian front-end untuk paket gratis dan pemindaian tingkat server untuk paket premium). 
  • Pemberitahuan keamanan. 
  • Firewall aplikasi web (WAF) 

Sucuri memiliki paket berbayar yang dilengkapi dengan perlindungan firewall WordPress terbaik. Firewall ini akan membantu Anda memblokir kekerasan serta serangan jahat. Bagaimana caranya? Firewall pada Sucuri dapat menyaring lalu lintas yang buruk sebelum sampai pada server Anda. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari hal-hal yang merugikan.

Selain itu, Sucuri premium menyediakan layanan konten statis dari server CDN mereka sendiri. Lebih lanjut, firewall dengan level DNS dan CDN dapat membantu meningkatkan kinerja situs web Anda, sehingga situs Anda akan lebih cepat.

Layanan yang ditawarkan oleh Sucuri tidak hanya keamanan, melainkan juga kecepatan akses situs, Anda tertarik?

Wordfence

Wordfence untuk plugin kemanan Website WordPress.

Wordfence merupakan plugin keamanan terbaik dan populer selanjutnya. Plugin ini dapat Anda gunakan secara gratis namun menawarkan layanan yang canggih. Dengan menggunakan Wordfence, Anda akan memperoleh layanan pemindaian malware yang kuat, deteksi eksploitasi, serta fitur penilaian ancaman.

Keuntungan menggunakan Wordfence:

  • WAF yang memblokir lalu lintas berbahaya sebelum menyerang situs Anda. 
  • Pemindaian malware untuk memeriksa seluruh file, plugin, serta tema yang akan digunakan. 
  • Otentikasi dua faktor dan batas login untuk mencegah serangan brute force. 
  • Pemantauan lalu lintas dan analitik langsung. 

Wordfence menawarkan firewall kepada Anda, namun hal ini terdapat sedikit kelemahan. Firewall ini hanya dapat berjalan di server Anda sebelum memuat WordPress. Dengan begitu, akan membuat sedikit kurang efektif dibandingkan firewall level DNS seperti Sucuri.

iThemes Security

iThemes Security Pro untuk plugin kemanan Website WordPress.

iThemes Security merupakan plugin keamanan yang terpercaya dan populer di kalangan pengguna WordPress. Plugin ini dapat membantu Anda untuk memeriksa integritas file, pengerasan keamanan, serta membatasi upaya login. Selain itu, iThemes Security juga dapat membantu untuk membuat kata sandi yang kuat, deteksi 404, perlindungan brute force, dan masih banyak lagi.

iThemes Security Pro menawarkan layanan tambahan. Dengan menggabungkan fitur keamanan tambahan, termasuk di dalamnya otentikasi dua faktor, maka dapat meningkatkan pemindaian malware, Google reCAPTCHA, dll. Plugin ini merupakan salah satu plugin premium dengan harga terjangkau, sehingga akan membantu Anda dalam menghemat pengeluaran.

All In One WP Security

Plugin All In One WP Security merupakan plugin audit, pemantauan dan firewall keamanan yang kuat. Plugin ini menawarkan beberapa fitur seperti penguncian login untuk mencegah brute force, filter IP, pemantauan file, pemantauan akun pengguna, pemindaian injeksi database, dan masih banyak lagi. 

All In One WP Security tidak menyediakan layanan premium, sehingga Anda akan mendapatkan seluruh keuntungan secara gratis. Bahkan, plugin ini juga dilengkapi dengan firewall yang dapat mendeteksi hal-hal buruk. 

Anti-Malware Security

Anti-Malware Security merupakan plugin yang dirancang khusus untuk anti malware. Pemindai malware pada plugin ini dapat membantu Anda untuk memindai semua file serta folder yang ada pada situs Anda. Selain itu, plugin ini akan membantu untuk mengidentifikasi pola serangan berbahaya lainnya.

Sayangnya, plugin ini mengharuskan Anda untuk membuat akun di situs web plugin agar dapat mengakses perubahan terbaru. Layanan pencegahan brute force juga akan Anda dapatkan ketika membuat akun.

MalCare Security

MalCare Security merupakan satu-satunya plugin yang dapat membantu Anda untuk membersihkan web setelah serangan satu klik. Fitur-fitur lain yang dapat Anda peroleh: 

  • Perlindungan firewall.
  • Pemindaian malware jarak jauh sehingga tidak akan membebani server Anda.
  • Penghapusan malware sekali klik.
  • Alat pengembangan.

Beberapa fitur canggih pada MalCare Security dapat Anda peroleh dengan beralih ke versi premium. 

Defender

Defender merupakan plugin keamanan selanjutnya yang kami sarankan. Walaupun fitur versi gratisnya terbatas, namun mereka menyediakan fitur keamanan utama yang mungkin ingin Anda terapkan. Plugin ini menyediakan beberapa fitur, seperti:

  • 2FA
  • Pemindaian file inti WordPress.
  • Logout waktu untuk mencegah serangan brute force.
  • Daftar hitam alamat IP.

Versi premium akan menawarkan layanan yang lebih banyak seperti pemindaian tambahan, laporan kerentanan, serta log audit. 

VaultPress

Bersama dengan Automattic, VaultPress menawarkan layanan keamanan serta elemen pemeliharaan utama. Fitur keamanan yang ditawarkan yaitu perlindungan serangan brute force, pencegahan spam, serta pemantauan aktivitas.

Plugin ini juga menawarkan fitur lain seperti backup situs, pemantauan uptime, serta migrasi situs. Sedikit berbeda dari plugin keamanan lainnya, VaultPress tidak menyediakan pemindaian malware pada versi gratis. Layanan pemindaian malware hanya tersebut pada paket premium atau profesional.

Keuntungan lainnya yang Anda peroleh dari versi premium VaultPress adalah Anda memiliki akses ke fitur premium Jetpack serta plugin populer lainnya dari Automattic. 

WP Security Audit Log

Berbeda dari plugin sebelumnya, WP Security Audit Log berfokus pada penyediaan pemantauan aktivitas kualitas tinggi. Fitur ini akan membantu Anda untuk memperhatikan aktivitas yang mencurigakan serta menghentikan serangan sebelum terjadi. Selain itu, plugin ini dapat mencatat perubahan yang terjadi pada situs, serta mempercepat dan memudahkan proses pemulihan. 

Versi gratis plugin ini juga memiliki fitur memecahkan masalah umum serta memantau produktivitas. Jika Anda memilih versi premium, maka Anda dapat melihat siapa saja yang masuk dan keluar hanya dengan satu klik. 

Dalam satu situs, Anda hanya perlu memiliki satu plugin keamanan. Jika Anda memiliki beberapa plugin, maka Anda dapat terkena bug. Pilihlah salah satu dari plugin yang direkomendasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Mari melindungi situs sedini mungkin.

Tentang Penulis
Pitnia Ayu Saputri is the event manager of The Blogger Talk. The Blogger Talk is a Non-Government Organization solely created by local bloggers as space for millennials to update and upgrade their knowledge.


Merasa susah dengan urusan keamanan website WordPress Anda? Serahkan saja urusan pengelolaan website kepada kami, Anda cukup fokus pada bisnis Anda. Mari diskusikan urusan pengelolaan website Anda dengan kami.

Baca Juga

Please Select Embedded Mode For Blogger Comments

Lebih baru Lebih lama

Suka dengan artikel ini? Mari ikuti juga kami di Facebook, Twitter Twitter, Telegram, Instagram, dan LinkedIn untuk mendapakan lebih banyak konten menarik.