Perbedaan AdSense Dolar (USD) dan Rupiah (IDR)

Perbedaan akun AdSense USD dengan AdSense IDR tidak banyak, paling kentara pada nilai ambang batas pembayaran.
Perbedaan AdSense Dolar (USD) dan Rupiah (IDR)

Apabila Anda baru mendaftarkan akun AdSense baru-baru ini, Anda mungkin hanya tahu bahwa mata uang yang digunakan adalah Rupiah.

Awalnya AdSense hanya mendukung Dolar Amerika Serikat dan Euro sebagai mata uang yang mereka dukung.

Kami sendiri kurang tahu kapan perubahan ini terjadi karena sudah mendaftar AdSense cukup lama. Mungkin sekitar tahun 2016, AdSense sudah mendukung mata uang Rupiah.

Kami mendaftarkan akun baru sekitar tahun 2017 atau 2018, di mana akun AdSense-nya sudah menggunakan mata uang Rupiah.

AdSense juga menerapkan pengaturan menggunakan mata uang dari negara tempat pendaftar berasal dan tidak bisa diganti. Sehingga, akun AdSense Anda akan secara otomatis menggunakan Rupiah apabila mendaftar dari Indonesia.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Perbedaan Akun AdSense Dolar (USD) dengan Akun Adsense Rupiah (IDR)

Selain mata uang yang berbeda, akun AdSense Dolar dan akun AdSense Rupiah menerapkan ambang batas pembayaran yang berbeda. Hal ini sepertinya dipengaruhi oleh nilai tukar Dolar terhadap Rupiah pada saat aturan ambang batas pembayaran ditetapkan.

Akun AdSense Dolar menetapkan US$ 100 (sekitar Rp 14.000) sedangkan akun AdSense Rupiah menetapkan Rp 1.300.000. Artinya akun AdSense baru akan mendapatkan "gaji" ketika sudah mencapai Rp 1.400.000. Sementara itu, akun AdSense Rupiah sudah mendapat "gaji" saat mencapai Rp 1.300.000.

Hal lain yang berbeda adalah nilai CPC (Cost per Click)/BPK (Bayar per Klik) pada kedua jenis akun. Akun AdSense IDR merenapkan nilai BPK sebesar Rp 300, sedangkan akun AdSense USD menetapkan US$ 0.04 (Sekitar Rp 500). Berarti Anda akan lebih untung apabila menggunakan akun AdSense USD.

Bagaimana Cara Mendapatkan Akun AdSense USD?

Akan mustahil selama Anda mendaftarkan akun AdSense dari Indonesia. Namun, bukan berarti tidak mungkin. Anda bisa saja mendapatkan akun AdSense USD jika melakukan cara ini.

Mendaftar dengan Informasi Kependudukan dari Negara yang Menggunakan USD

Anda bisa meminta bantuan kenalan Anda dari Amerika Serikat untuk menggunakan datanya saat pendaftaran AdSense.

Sebenarnya kami terpikir dengan Timor Leste yang juga menggunakan USD tetapi jadi sangsi saat melihat tutorial mereka yang menggunakan tampilan antarmuka bahasa Indonesia.

Membeli Akun AdSense USD

Kami tidak yakin ini legal dan tentunya tidak menganjurkannya meski praktik ini sering ditemukan.

Kasus penipuan akun AdSense ini sudah sering terjadi, sehingga bertambahlah juga alasan kami tidak menganjurkan tindakan ini.

Jika Anda masih tetap ingin membelinya, semua keputusan dikembalikan kepada Anda.

Kesimpulan

Anda yang menggunakan akun AdSense IDR mungkin tergiur dengan keuntungan dari akun AdSense USD. Akan tetapi, semua kembali pada apakah iklannya diklik atau tidak.

Lebih baik Anda fokus pada konten yang disajikan sehingga secara alami pengujung website akan meningkat.