Cara Membuat Tautan Pendek untuk Blog WordPress Anda

Cara Membuat Tautan Pendek untuk Blog WordPress Anda

Tautan pendek akan mudah dibagikan tidak hanya di media sosial tetapi juga di iklan cetak atau di kartu nama.

Saat Anda tengah berusaha menjangkau lebih banyak pengunjung blog WordPress dari media sosial. Namun, tautan yang Anda berikan terlalu panjang dan menyulitkan atau bahkan tidak "cantik".

Berarti Anda perlu membaca artikel kami kali ini yang akan memberikan panduan untuk membuat tautan pendek untuk blog WordPress Anda.

Tautan pendek akan mudah dibagikan tidak hanya di media sosial tetapi juga di iklan cetak atau di kartu nama.

Contohnya seperti ini:

https://www.mogodev.id/2021/04/subdomain-vs-subdirektori-subfolder.html

Bagaimana tautan seperti itu bisa Anda bagikan di iklan cetak?

Anda membutuhkan tautan yang lebih pendek untuk dibagikan, sehingga mudah diingat. Akan lebih baik jika Anda bisa menggantinya hanya dengan:

https://www.mogodev.id/subdomain

Baca terus untuk mengetahui bagaimana cara Anda dapat membuat tautan pendek untuk blog WordPress Anda dengan mudah.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Mengapa Mempersingkat Tautan?

Mari kita bahas dulu keuntungan yang akan Anda dapatkan dari mempersingkat tautan Anda.

  • Lebih mudah untuk berbagi - Seperti dijelaskan sebelumnya, lebih mudah membagikan tautan https://www.mogodev.id/subdomain daripada https://www.mogodev.id/2021/04/subdomain-vs-subdirektori-subfolder.html. Jangan biarkan calon pengunjung Anda batal membuka tautan yang Anda bagikan hanya karena hal ini.
  • Meningkatkan nilai merek - Selain lebih mudah diingat, tautan pendek dengan custom domain akan meningkatkan nilai merek Anda bagi pengunjung. Contohnya halaman Facebook kami, Anda bisa dengan cepat untuk chating dengan kami dengan mengunjungi m.me/mogodev.
  • Menyamarkan tautan asli - Maksud kami adalah ketika Anda harus memberikan tautan eksternal pada konten blog WordPress Anda. Anda bisa menyamarkan tautan afiliasi yang diberikan klien seperti ini: https://www.mogodev.id/jasa-seo.
  • Analytics - Tautan pendek akan memberikan lebih banyak data spesifik bagi Anda. Contohnya dari https://www.mogodev.id/jasa-seo, Anda tahu berapa orang yang membuka tautan pendek ini. Apabila Anda hanya menggunakan tautan pendek ini pada iklan, Anda akan tahu berapa orang yang mengeklik iklan Anda.
  • Gratis - Anda dapat membuat tautan singkat secara gratis. Banyak jasa tautan pendek yang memberikan paket gratis lebih dari cukup untuk dari yang Anda butuhkan.
  • Meningkatkan Click-Through Rates (CTR) - Bit.ly, salah satu penyingkat tautan paling populer di dunia, menerbitkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa tautan pendek meningkatkan CTR sebesar 34%.

Merek-merek besar dunia juga tidak ketinggalan untuk menggunakan tautan pendek pada situs web mereka termasuk youtu.be, wp.me, nyti.ms, es.pn, de.tk dan fb.me.

Ini adalah contoh tautan pendek dari beberapa merek yang kami yakin Anda tidak kesulitan mengidentifikasi merek yang diwakili.

Membuat Tautan Singkat dengan Plugin WordPress Pretty Links

{getButton} $text={Unduh} $icon={download}

Anda dapat mempersingkat atau menyembunyikan tautan panjang dengan menggunakan plugin WordPress sepeti Pretty Links.

Plugin ini akan berguna untuk menyingkat tautan afiliasi seperti https://billing.exabytes.co.id/aff.php?aff=8302235 menjadi https://www.mogodev.id/hosting.

Lihat, bukankah lebih mudah mengingat kata hosting daripada serangkaian kode HTML dengan tambahan angka?

Membuat Tautan Singkat WP.me dengan Plugin WordPress Jetpack


{getButton} $text={Unduh} $icon={download}

Jetpack adalah salah satu plugin resmi dari WordPress yang membuat blog WordPress.org Anda bisa menggunakan fitur dari WordPress.com. Salah satunya adalah tautan singkat WP.me.

Satu-satunya kelemahan dari Jetpack adalah tidak hadirnya statistik dari tautan singkat mereka.

Membuat Tautan Singkat dengan TinyURL

TinyURL adalah layanan memperpendek domain yang melayani lebih dari satu miliar pengalihan perbulan.

Membuat Tautan Singkat dengan S.id


S.id adalah layanan memperpendek domain yang diklaim terpendek di dunia yang berasal dari Indonesia. Layanan ini dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).

Membuat Tautan Singkat dengan Bitly

Bitly adalah salah satu penyingkat URL paling populer dan tertua di internet. Layanan ini memungkinkan Anda membuat URL singkat secara anonim.

Saat ini Bitly telah mengeluarkan plugin untuk WordPress, sehingga akan ada tautan singkat baru setiap Anda membuat posting baru yang juga bisa Anda customize.

Bitly juga menyedia custom domain yang sayangnya sekarang menjadi layanan berbayar.

Penutup

Tidak perlu ditanyakan lagi, menggunakan tautan singkat akan memberikan lebih banyak keuntungan daripada tautan panjang.

Tautan akan mudah dibagikan, memperluas jangkauan merek, atau sekadar memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna, tautan singkat akan sangat membantu.

Rujukan