Cara Mengatasi Duplikasi Konten Blogger Duplicate URL Karena m=1 pada Mobile


Search Engine Optimization (SEO) adalah hal penting untuk menentukan peringkat situs web. Jika Anda menggunakan Blogger, maka pastinya akan menghadapi masalah m=1 di SEO Anda. Artikel kali ini akan membantu Anda mengatasi masalah ini.

Beberapa tutorial Blogger di internet menyarankan untuk menghapus m=1 dengan menerapkan JavaScript ke tema yang digunakan. Padahal ini jelas akan mengganggu SEO on page. Jadi, kami menggunakan solusi yang lebih baik pada artikel ini tanpa mengubah tema.

Bagi Anda yang tetap berprinsip bahwa m=1 mengganggu estetika pada tautan, maka itu adalah hak Anda pada blog milik Anda.

Jika Anda tetap menambahkan kode, maka besar peringkat blog Anda di mesin pencari mungkin akan berpengaruh.

Artikel ini tidak akan memberikan saran menggunakan kode untuk menyembunyikan m=1 pada tautan dan berefek buruk pada SEO. Kami di sini memberikan saran yang berguna untuk meningkatkan SEO, bukan menurunkannya.

Kami menyarankan Anda membaca artikel ini hingga selesai sebelum memutuskan menggunakan saran kami atau tetap menggunakan kode JavaScript untuk menyembunyikan m=1 pada tautan.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Bagaimana cara menghapus m=1 pada halaman Blogger untuk menyelesaikan masalah duplikasi tautan?

Seperti yang kami jelaskan di awal artikel, Anda tidak perlu mengubah kode sumber pada tema. Google sendiri sebenarnya memberikan jawaban untuk mengatasi masalah m=1 pada Google Webmaster (Google Search Console).

Permasalahannya sebenarnya sederhana, tautan yang berbeda untuk postingan yang sama. Google telah memberikan panduan agar tautan yang berbeda hanya mengindeks URL kanonis ke mesin pencari Google.

Menyelesaikan masalah duplikasi tautan Blogger karena yang diindeks bukan kanonis.

Anda telah menemukan sumber masalahnya. Apakah Anda masih ingin menghapus m=1 pada tautan dengan menambahkan kode pada tema?

Masalah ini terjadi karena server menyajikan tautan yang berbeda untuk seluler dan desktop. Jadi Anda cukup mendeklarasikan ke Search Console bahwa kedua tautan harus diperlakukan sama.

Bagaimana mengatasi masalah Blogger m=1?

Akhiran m=1 pada tautan muncul karena dibuka pada perangkat yang berbeda. Sebagaimana diketahui, Blogger secara alami akan menyajikan tema khusus untuk akses dari perangkat mobile (Anda bisa menggantinya di pengaturan Tema). Baca artikel ini hingga akhir untuk memahami apa yang tepat untuk Anda lakukan sesuai kebutuhan.

Pengaturan ini direkomendasikan oleh mesin pencari Google untuk kasus merayapi konten duplikat yang memiliki parameter. Tentunya cara ini ramah SEO dan mesin pencari.

Baik, mari kita mengubah parameter URL untuk mengatasi masalah ini.

1. Buka dasbor Google Search Console, dan klik Laporan dan fitur lama > Parameter URL.

Dasbor Google Search Console untuk mengatasi masalah m=1.


2. Sekarang Anda akan dialihkan ke tab baru untuk Parameter URL dari Google Search Console.

Parameter URL pada Google Search Console untuk m=1 pada Blogger.

Jika Anda menggunakan blog Blogger untuk waktu yang lama, Anda mungkin melihat antarmuka yang mirip seperti yang ditampilkan di atas.

Sekarang Anda sudah memeriksa parameter m sudah terdaftar atau tidak? Secara default, Google yang membiarkan Googlebot untuk memutuskan, tetapi kami harus mengedit ini. Klik Edit, dan Anda akan melihat jendela pop-up untuk menentukan setelan parameternya:

Parameter m, Tidak memengaruhi konten halaman.

3. Pilih: Tidak, Tidak memengaruhi konten halaman (misalnya: pelacakan penggunaan).

4. Simpan pengaturannya.

Untuk pengguna Blogger baru, Anda harus menambahkan parameter m dengan mengeklik tombol Tambahkan parameter.

Tambahkan parameter

Lalu ketik m pada kotak Parameter dan pilih Tidak, Tidak memengaruhi konten halaman (misalnya: pelacakan penggunaan).

Masukkan parameter m.


Sekarang Simpan pengaturan ini, dan tunggu beberapa hari; semua kesalahan "Duplikat, URL yang dikirim tidak dipilih sebagai kanonis" akan dihapus karena masalah m=1 di Blogger.

Praktik Salah: Beberapa blogger menyalin dan menempelkan kode JavaScript pada tema Blogger, dan m=1 menghilang secara visual dari URL laman web mereka. Tapi apa yang sebenarnya terjadi? mereka mengira telah melakukannya tetapi sebenarnya merusak SEO situs web mereka.

Anda dapat memeriksa header respons setelah menambahkan kode. Ini berarti Anda membuat segalanya menjadi lebih buruk dari sudut pandang SEO. Harap perhatikan hal-hal di atas saat melakukan perubahan tersebut.

Tips Tambahan: Yang lebih penting untuk blog apa pun adalah temanya, Google mendukung tema HTML5. Kami sendiri menggunakan tema Seopro dari Templateify. Anda juga dapat mencoba tema Blogger yang menurut kami sepenuhnya SEO-friendly.

Rujukan: [1], [2]

Baca Juga

Please Select Embedded Mode For Blogger Comments

Lebih baru Lebih lama

Suka dengan artikel ini? Mari ikuti juga kami di Facebook, Twitter Twitter, Telegram, Instagram, dan LinkedIn untuk mendapakan lebih banyak konten menarik.