Cara Memulai Karier Baru Secara Online

Cara Memulai Karier Baru Secara Online

Terkadang seseorang bisa lelah dengan pekerjaan yang rutin dijalaninya. Entah karena jenuh atau ada sesuatu baru yang lebih menarik, sehingga memutuskan untuk mengubah karier.

Hal ini sangat normal, bahkan kebanyakan orang mengubah kariernya antara 3-7 kali dalam hidup mereka. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, seseorang bisa saja benar-benar terpaksa harus mengubah kariernya.

Mengubah karier saat ini tidak begitu sulit. Melalui internet, seseorang bisa menjadi siapa saja dengan mudah. Manfaatkan sumber daya daring untuk merencanakan transisi karier melalui pelatihan atau terhubung dengan orang lain untuk mencari pekerjaan baru.

Inilah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai karier baru secara online.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Analisis Mendalam

Sebelum memutuskan mengubah karier, luangkan waktu untuk melakukan analisis mendalam. Mengapa Anda tidak lagi tertarik dengan karier Anda saat ini? Apakah ada perubahan besar dalam industri, seperti penurunan permintaan, yang membuatnya kurang diminati? Apakah Anda secara bertahap kehilangan minat dari waktu ke waktu? Apakah Anda kesal dengan atasan dan rekan kerja Anda?

Ini adalah kesempatan bagus untuk memastikan Anda mengubah karier untuk alasan yang benar; jika Anda frustrasi dengan lingkungan Anda saat ini, Anda mungkin dapat membuat perubahan positif tanpa meninggalkan karier sama sekali. Jika Anda yakin dengan keputusan Anda, Anda dapat menggunakannya untuk membantu memutuskan karier baru Anda.

Memilih Jalur Karier

Cara memulai karier baru secara online dengan memilih jalur karier.

Langkah pertama Anda yang dapat ditindaklanjuti adalah memilih jalur karier baru. Anda mungkin sudah memikirkan sesuatu, tetapi jika belum, Anda harus mulai melakukan brainstorming dari awal.

Berikut adalah beberapa faktor terpenting untuk dipertimbangkan saat mengevaluasi opsi Anda:

  • Pertama, pertimbangkan kisaran gaji untuk para profesional dalam karier ini. Apa yang orang mulai lakukan? Bagaimana gajinya naik dari waktu ke waktu? Apakah Anda akan menghasilkan lebih banyak uang dalam karier ini daripada karier Anda sebelumnya?
  • Selanjutnya, pikirkan kemungkinan jalur karier Anda setelah memasuki bidang ini. Dalam beberapa karier, Anda akan tetap relatif stagnan, meningkat seiring waktu tetapi pada akhirnya melakukan hal yang sama. Dalam karier lain, Anda perlu berinvestasi dalam kursus pendidikan berkelanjutan dan terus tumbuh serta berubah. Bagi kebanyakan orang, ideal untuk memiliki pekerjaan yang menawarkan baik ruang untuk pertumbuhan (mendapatkan promosi dan penghasilan kenaikan) dan fleksibilitas horizontal (memungkinkan untuk transfer dan perpindahan pekerjaan lateral).
  • Berbicara tentang fleksibilitas, Anda mungkin memerlukan pekerjaan yang memberi Anda lebih banyak waktu dan/atau keseimbangan kehidupan kerja yang lebih sehat. Bekerja dari rumah dan mengatur jadwal Anda sendiri adalah keuntungan besar jika Anda adalah orang tua atau jika Anda memiliki tanggung jawab lain yang harus diurus. Bagi banyak orang, pekerjaan yang fleksibel lebih penting daripada pekerjaan yang bergaji tinggi.
  • Kepentingan pribadi. Anda juga tidak bisa mengabaikan minat pribadi Anda. Meskipun pekerjaan Anda tidak harus selalu "menyenangkan", pekerjaan itu harus mampu menarik minat Anda. Ini adalah faktor paling subyektif dalam daftar ini; itu semua tergantung pada perasaan pribadi Anda pada karier ini.

Bobot setiap faktor akan bergantung pada prioritas pribadi Anda; beberapa secara alami akan lebih penting bagi Anda daripada yang lain.

Penelitian Pendahuluan

Setelah Anda memiliki gagasan yang kuat tentang jalur karier potensial untuk dikejar, Anda perlu melakukan beberapa penelitian pendahuluan. Cari tahu gaji rata-rata untuk orang-orang dalam karier ini (di daerah Anda) dan teliti beberapa keuntungan dan kelemahan bidang karier ini. Ide yang bagus juga untuk berbicara dengan seseorang yang sedang berkarier di bidang ini; mereka akan dapat memberi tahu Anda secara langsung tentang pengalaman mereka, dan mereka bahkan mungkin dapat membantu Anda memulai karier baru nantinya.

Kursus Online

Cara memulai karier baru secara online dengan kursus online.

Selanjutnya, kecuali Anda sudah memiliki keterampilan, Anda perlu meluangkan waktu mempelajari informasi baru dan mengasah keterampilan Anda. Dalam beberapa karier, Anda dapat melakukan langkah awal untuk penguasaan, dengan mengandalkan panduan dan tutorial online untuk mempelajari dasar-dasarnya. Di negara lain, Anda harus memiliki pendidikan dari universitas atau sekolah yang terakreditasi. Minimal Anda memiliki sertifikasi keahlian yang sesuai dengan karier tersebet. Pastikan Anda memahami persyaratan dan lembaganya sebelum memulai kursus Anda.

Jaringan Profesional

Cara memulai karier baru secara online dengan jaringan profesional.

Salah satu cara terbaik untuk maju dalam karier apa pun adalah dengan membangun jaringan profesional Anda. Bertemu orang baru, di dalam dan di luar bidang pilihan Anda, dapat menghubungkan Anda dengan peluang baru saat memulai karier baru. Ini membantu Anda menemukan mentor yang dapat membimbing Anda dalam karier Anda, dan memaparkan Anda pada informasi baru dan pengalaman baru pada saat yang bersamaan. Gunakan LinkedIn dan situs media sosial lainnya untuk mulai mengembangkan jaringan profesional Anda.

Pekerjaan Pertama Anda

Setelah Anda mendapatkan sertifikat dan/atau ijazah serta puas dengan tingkat jaringan Anda, Anda dapat mulai mencari pekerjaan pertama dalam karier baru ini. Jangan terlalu bersemangat untuk menemukan sesuatu yang sempurna; sebaliknya, berusahalah untuk menginjakkan kaki di awalnya. Seringkali, posisi entry level yang tidak bersemangat di sebuah perusahaan dapat menghasilkan peluang yang lebih cerah di kemudian hari. Dan jika tidak, Anda selalu dapat terus melamar pekerjaan lain di bisnis lain.

Referensi: [1]

Baca Juga

Please Select Embedded Mode For Blogger Comments

Lebih baru Lebih lama

Suka dengan artikel ini? Mari ikuti juga kami di Facebook, Twitter, Telegram, Instagram, dan LinkedIn untuk mendapakan lebih banyak konten menarik.


Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...