Best Practice SEO Blogger untuk Meningkatkan Rangking Blog pada Hasil Pencarian

Meski bukan produk unggulan dari Google, Blogger masih digunakan oleh banyak orang, termasuk kami.

Artikel kali ini berisi panduan ringkas apa saja yang harus dilakukan pengguna Blogger untuk mengoptimalkan SEO Blogger.

Kami akan membahas tema apa yang sebaiknya digunakan dan bagaimana menulis posting Blogger yang sesuai kaidah SEO.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Pengaturan, Tools, dan Tips SEO Blogger

Konten tetap adalah rajanya, jadi Anda haruslah menyiapkan konten yang memberikan nilai ke internet. Lalu Anda cukup ikuti panduan yang kami berikut ini.

Jika Anda ingin melompati bagian tertentu, silakan lihat Daftar Isi pada bagian atas lead tulisan ini.

Gunakan Domain Kustom

Hal ini adalah keharusan jika Anda memang serius untuk meningkatkan SEO pada blog Blogger Anda. Selain nilai blog Anda, hal ini juga memudahkan pengunjung dalam mengingat situs web yang mereka kunjungi.  

Anda bisa menggunakan nama domain yang singkat, mudah diingat, dan mudah dieja, contohnya menggunakan kata kunci utama niche blog Anda. Misalnya blog Anda fokus pada perangkat Android, Anda bisa menggunakan nama domain paketandroid.com.

Gunakan Tema Ramah SEO

Anda sudah menggunakan domain kustom, tapi masih menggunakan tema bawaan dari Blogger bahkan yang belum responsif atau tampilannya berantakan. Ayolah, pengunjung akan akan segera meninggalkan blog Anda bahkan tidak akan berpikir untuk membaca artikelnya.

Setelah nama domain, Anda harus memilih tema yang sempurna yang tidak hanya terlihat bagus dan ramah pengguna tetapi juga ramah SEO. Jadi apa yang harus dilihat dalam hal ini?

Dua elemen terpenting yang harus didukung oleh tema untuk SEO Blogger adalah:

Struktur Halaman HTML5

Tema yang Anda pilih harus dirancang menggunakan tag semantik HTML5. Saat bot mesin pencari merayapi situs web, tag HTML5 akan memandunya, apa dan di mana konten Anda berada. Sehingga situs web Anda bisa mendapat peringkat di hasil pencarian dan lalu lintas organik Anda meningkat.

Schema Markup Data

Tema Blogger atau WordPress harus mengaktifkan data schema markup. Ini akan membantu mesin pencari menghasilkan "rich snippets" cuplikan kaya untuk hasil pencarian. Dan secara drastis akan mendongkrak SEO blog blogger Anda. Periksa apakah tema Anda saat ini mendukung data markup skema atau tidak di sini.

Meta Tags untuk SEO Blogger

Meta tags memberikan beberapa jenis informasi ke mesin pencari dan meningkatkan CTR, lalu lintas organik, dan AdSense CTR.

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan meta tags seperti Anda dapat menggunakan link prefetch untuk mengambil data seperti JavaScript, CSS, gambar, berkas statis lainnya.

Perbaiki Masalah Konten Duplikat

Konten duplikat pada Blogger adalah masalah konten yang sama dengan tautan berbeda. Google Search Console menampilkan akan kesalahan konten duplikat, atau versi halaman lainnya yang diindeks.

Halaman kanonis yang dideklarasikan oleh pengguna tidak diindeks dalam situasi seperti ini terjadi karena masalah seperti m=1 pada tema mobile bawaan Blogger. Baca artikel ini untuk mengetahui cara mengatasinya.

Pastikan Robot Meta Tags dan robots.txt tidak Bermasalah

Berkas Robots.txt mengontrol perayapan bot mesin telusur di seluruh situs web. Dan robot meta tags memberi tahu mesin pencari halaman mana yang akan diindeks dan mana yang tidak.

Anda harus memastikan robots.txt tidak mengalami masalah jika Anda menggunakan mengkustomnya. Meski demikian, pilihan terbaik adalah tetap menggunakan setelan bawaan. Pengaturan ini sendiri terletak pada bagian Setelan > Crawler dan pengindeksan.

Robots.txt yang kami gunakan dapat dilihat di sini.

Tulis Konten yang Ramah SEO

Setelah melakukan semua langkah yang diberikan di atas tidak cukup sampai Anda menulis konten unik. Namun dengan keunikan itu, Anda harus sudah paham cara menggunakan tag header, gambar, tautan eksternal, dll.

Gunakan Gambar WebP NextGen untuk Blogger

Untuk setiap unggahan, Anda dapat mengedit nilai ukuran seperti s320 untuk ukuran gambar. Sembunyikan ke s320-rw, perbarui posting dan selesai. Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat menyajikan gambar webP di blog Blogger.

Metode ini akan meningkatkan kecepatan situs blogger Anda yang secara langsung akan memengaruhi pengalaman pengguna dan SEO.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi konverter gambar ke WebP jika tidak ingin ribet mencari kode sumbernya.

Gunakan Aplikasi Webmaster

Terakhir tapi paling penting, pastikan situs web atau blog Anda telah terhubung ke webmaster mesin pencari seperti Google Search Consele, Bing Webmaster, Yandex, dll. Ini akan membantu bot menemukan situs web Anda dan mendapatkan lalu lintas di situs web Anda dengan mudah.

Kirim peta situs untuk semua posting dan halaman untuk SEO Blogger. Secara default, di blog Blogger, hanya postingan peta situs yang ditautkan melalui peta situs. Silakan baca artikel ini untuk tahu cara submit peta situs ke Google Search Console.

Dengan menggunakan semua metode ini, Anda dapat meningkatkan SEO Blogger secara drastis.

Anda kesusahan dalam melakukan teknik SEO pada halaman ini? Serahkan saja urusan SEO Anda kepada kami, Anda cukup fokus pada bisnis Anda. Mari diskusikan bersama Anda dengan kami.

Rujukan: [1]

Baca Juga

Please Select Embedded Mode For Blogger Comments

Lebih baru Lebih lama

Suka dengan artikel ini? Mari ikuti juga kami di Facebook, Twitter Twitter, Telegram, Instagram, dan LinkedIn untuk mendapakan lebih banyak konten menarik.