Strategi Marketing Jitu 2021

Strategi Marketing Jitu 2021

Berikut kami sajikan beberapa strategi yang sebelumnya cukup berhasil di berbagai industri sehingga masih bisa Anda gunakan pada tahun 2021 ini.

Tahun 2020 mungkin menjadi hal yang sulit bagi marketing. Pandemi menghantam perekonomian dengan cukup parah. Akan tetapi, waktu terus berjalan. Anda dituntut untuk dapat menemukan inovasi dalam marketing. Berikut kami sajikan beberapa strategi yang sebelumnya cukup berhasil di berbagai industri sehingga masih bisa Anda gunakan pada tahun 2021 ini.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Blogging

Blogging akan membantu mengarahkan trafik tambahan ke website Anda. Postingan berkualitas dan bermanfaat akan mendatangkan pengunjung melalui hasil pencarian. Jika website Anda sesuai dengan yang dibutuhkan pengunjung, bukan tidak mungkin lagi mereka akan menjelajah website Anda lebih lama. 

Tujuan blogging:

  • Meningkatkan trafik website.
  • Meningkatkan pengenalan nama.
  • Meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek.
  • Menetapkan otoritas Anda sebagai pakar di bidangnya.
  • Menunjukkan kepada pengunjung mengapa mereka harus bekerja dengan Anda.

Iklan di Media Sosial

Saat ini kunjungan ke media sosial tengah melonjak. Efek dari melakukan hampir segala sesuatu dari rumah memaksa aktivitas melalui media sosial menjadi keharusan. Memanfaatkan situasi ini, Anda dapat menaruh iklan di media sosial. Dengan visual menarik, potensi menambah pengikut atau pelanggan baru meningkat. Anda juga mungkin bisa mendapatkan trafik dari periklanan media sosial.

Tujuan iklan di media sosial:

  • Meningkatkan engagement atau keterlibatan konsumen.
  • Mendorong lalu lintas ke website Anda.
  • Meningkatkan pengenalan nama.
  • Meningkatkan kesadaran merek.
  • Menetapkan otoritas Anda sebagai pakar di bidang Anda.
  • Menunjukkan kepada pengguna mengapa mereka harus bekerja dengan Anda.
  • Menjangkau mereka yang tidak secara aktif mencari perusahaan Anda atau bisnis seperti milik Anda.

Media Sosial Organik

Media sosial merupakan jalur penghubung antara Anda dan pelanggan. Layanan pelanggan melalui media sosial bisa lebih mendekatkan Anda dengan pelanggan. Memanfaatkan media sosial, Anda juga bisa menggunakannya untuk meningkatkan kunjungan ke situs serta meningkatkan SEO. 

Tujuan media sosial organik:

  • Meningkatkan engagement atau keterlibatan konsumen.
  • Mendorong lalu lintas ke situs Anda.
  • Meningkatkan pengenalan nama.
  • Meningkatkan kesadaran merek.
  • Menunjukkan kepada pengguna mengapa mereka harus bekerja dengan Anda.
  • Memberikan cara yang nyaman bagi pelanggan untuk berkomunikasi dengan bisnis Anda

Email Marketing

Untuk mendapatkan keuntungan dari pemasaran email, Anda tidak perlu mencurahkan semua sumber daya Anda ke dalamnya. Buletin elektronik bulanan bersama dengan taktik lain dapat menjadi strategi pemasaran yang fantastis untuk meningkatkan lalu lintas situs Anda dan kredibilitas dengan konsumen Anda serta pengenalan nama dan kesadaran merek.

Tujuan email marketing:

  • Meningkatkan lalu lintas situs.
  • Membangun kredibilitas dengan penerima.
  • Meningkatkan pengenalan nama.
  • Meningkatkan kesadaran merek.
  • Mengingatkan kontak yang sudah Anda tentukan bahwa mereka harus bekerja dengan Anda.

Pemasaran melalui email menjadi penting dalam kesuksesan pemasaran. Penelitian menujukkan:

  • 73% milenial lebih menyukai komunikasi dari bisnis datang dalam bentuk email.
  • 80% profesional bisnis percaya bahwa pemasaran email dapat meningkatkan retensi pelanggan.
  • 59% dari laporan email pemasaran responden mempengaruhi keputusan pembelian mereka.
  • Marketer yang menggunakan campaign tersegmentasi mencatat bahwa peningkatan pendapatan sebanyak 76%.

Membuat Dan Mendistribusikan Siaran Pers

Selama Anda memiliki sesuatu yang layak diberitakan untuk dishare, siaran pers dapat digunakan dalam beberapa cara. Jika Anda melepaskannya melalui wires, mereka dapat memberikan ratusan backlink ke situs Anda, meningkatkan pengoptimalan mesin telusur, dan lalu lintas situs Anda.

Jika Anda mengirim mereka ke kontak media tertentu dan berita benar-benar penting bagi pembacanya, mereka dapat memilih untuk menulis tentang perusahaan Anda dan memperkenalkan bisnis Anda kepada lebih banyak pelanggan.

Tujuan:

  • Meningkatkan lalu lintas situs.
  • Meningkatkan pengenalan nama.
  • Meningkatkan kesadaran merek.
  • Berpotensi mengamankan editorial media coverage.

Pembuatan Acara Dan Promosi

Meskipun media digital sangat berkembang namun konsumen tetap mendambakan koneksi. Saat Anda mempertimbangkan untuk membuat acara guna terhubung dengan konsumen Anda, pikirkan cara Anda agar dapat memberi mereka pengalaman yang tak terlupakan dengan brand Anda.

Tujuan:

  • Mendorong keterlibatan konsumen.
  • Meningkatkan lalu lintas situs.
  • Meningkatkan pengenalan nama.
  • Meningkatkan kesadaran merek.
  • Berpotensi mengamankan editorial media coverage.

Editorial Media Pitching

Selain memberikan cara lain bagi calon konsumen untuk melihat perusahaan Anda, liputan media editorial adalah dukungan pihak ketiga dari jurnalis, yang memberitahu pembaca, pemirsa, dan pendengar terkait mengapa mereka harus mempertimbangkan bisnis Anda.

Selain itu, jika liputan berjalan secara online, reporter kemungkinan akan menyertakan link ke situs Anda, yang mana dapat membuat perbedaan positif untuk SEO dan lalu lintas situs Anda.

Tujuan:

  • Memberikan investasi testimonial pihak ketiga yang kredibel untuk bisnis Anda (yang tentunya dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli dari Anda).
  • Menetapkan Anda sebagai pakar di bidang Anda.
  • Meningkatkan pengenalan nama.
  • Meningkatkan kesadaran merek.
  • Berpotensi meningkatkan lalu lintas situs.