Tanda-Tanda Anda Perlu Mengubah Desain Website Anda


Website
 adalah etalase daring bisnis Anda. Seperti etalase luring konvensional, etalase daring ini juga harus ditata dengan baik. Penataan yang baik akan mengkonversi penjualan Anda menjadi keuntungan.

Sangat disayangkan ketika Anda sudah memiliki website tetapi tidak menghasilkan penjualan. Oke, inilah saatnya ada harus merenovasi website Anda.

Tidak perlu terburu-buru, Anda harus mempertimbangkan mengganti desain website secara baik-baik. Berikut adalah tanda-tanda yang dapat Anda pertimbangkan agar segera menganti desain website.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Website Anda Sudah Lama tidak Diperbaharui

Salah satu pertimbangan mesin pencari di internet manganggap website Anda berharga adalah dengan rajin melakukan pembaharuan. Konten yang tidak update akan dianggap usang.

Pengunjung sendiri menyukai website yang aktif dan ter-update. Sehingga informasi lebih terpercaya dan relevan dengan kondisi terkini.

Trafik Website Sedikit

Perhatikan statistik kunjungan ke website Anda, misalnya dengan Google Analytics. Lihat berapa banyak kunjungan dan halaman apa saja yang dikunjungi. Perhatikan juga berapa lama rata-rata seseorang membuka website Anda.

Kunjungan yang sebentar dari halaman hasil pencarian mungkin karena pengunjung tidak menemukan yang dicarinya. Akan tetapi, bisa saja karena desain website Anda yang kurang nyaman baginya.

Performa Website Lelet

Kecepatan suatu website dapat terbuka dengan sempurna akan mempengaruhi kenyamanan. Bahkan, kecepatan loading akan mempengaruhi skor SEO.

Kecepatan ini bisa dipengarhui banyak faktor. Template yang berat, plugin yang terlalu banyak, atau memang tidak dioptimasi. 

Jika semua optimasi tidak berhasil, ini adalah saatnya mengganti desain website Anda. 

Performa SEO Buruk

SEO yang baik adalah jalur datangnya pengunjung. Anda harus selalu mengoptimasi SEO website Anda. Jika masih kurang berhasil, mungkin saatnya menggunakan jasa SEO profesional.

Tidak Ramah Seluler (Responsive)

Saat ini hampir 90% pengguna internet mengakses suatu website dari perangkat seluler mereka. Bahkan Google sendiri mengharuskan suatu website mobile first. Artinya tampilan seluler harus lebih utama dari tampilan desktop. Jadi harus selalu dipastikan tampilan seluler website Anda membuat nyaman pengunjung.

Gambar Rusak

Gambar-gambar di website ada kalanya rusak dan tidak bisa ditampilkan. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan pada database atau tidak sengaja terhapus. Jika Anda kesulitan memperbaikinya, cara termudah adalah mengganti desain website Anda.

Terkesan Usang

Seperti halnya perkembangan teknologi, desain juga berkembang. Misalnya desain Metro UI ala Windows yang 1 dekade lalu terkesan modern, saat ini sudah tidak terlalu dipakai lagi..

Begitu juga desain website Anda, pengunjung harus merasa nyaman dengan tampilan yang disuguhkan.

Re-Branding

Mengubah citra merek tidak hanya sekadar mengubah desain website Anda. terkadang juga mengubah tagline, posisi menu, alur pemesan dan lainnya. Ketika Anda sudah sampai pada bagian ini, berarti semuanya harus dipikirkan dengan matang

Foto: Mind Studios