Cara Meningkatkan Domain Authority (DA) Blog

Meningkatkan Domain Authority (DA) sebuah blog tidak segampang membalikkan telapak tangan. Butuh usaha konsisten dalam waktu lama hingga bertahun-tahun.

Pada konten berbayar, pemasang iklan/tulisan seringkali menanyakan DA blog. Sehingga, DA yang tinggi sering dianggap sebagai ukuran keberhasilan suatu blog.

Faktanya tidak semua blogger peduli dengan DA. Anggapannya, DA blog akan otomatis meningkat saat banyak pengunjung.

Anggapan tersebut masih abu-abu, tidak sepenuhnya benar sekaligus tidak sepenuhnya salah. 

Artikel ini akan membahas langkah-langkah yang benar dalam meningkatkan DA.

Apa Itu Domain Authority?

Domain Authority (DA) adalah nilai yang diberikan pada sebuah domain internet sebagai nilai tingkat kepercayaan dan popularitas situs web berdasarkan rujukan dari mesin pencari.

Moz sebagai pengembang metode DA akan memberikan nilai 1-100 untuk Domain Authority suatu situs web.

Semakin tinggi nilai DA berarti mesin pencari menganggap suatu blog semakin populer dan terpecaya. Sehingga, DA merupakan faktor penting yang mempengarui rangking situs web.

Cara Cepat Meningkatkan Domain Authority Secara Alami

Situs web dengan DA tinggi akan lebih diprioritaskan oleh mesin pencari. Karena itu Anda harus berusaha meningkatkan DA blog.

Berikut adalah cara-cara alami untuk meningkatkan DA.

1. Menggunakan Teknik SEO yang Benar

Meningkatkan DA secara alami dimulai dengan menerapkan SEO on page yang benar. Pastikan Anda tidak menggunakan metode yang terlarang. Cukup fokus pada teknik SEO hingga detil terkecilnya, seperti struktur situs, navigasi yang mudah, breadcrumbs, struktur URL, meta tag, tag header, jumlah kata, kata kunci, tag alt, dll.

2. Perbanyak Konten Berkualitas

Konten adalah raja. Kontenlah yang membuat suatu blog berkualitas. Di sinilah Anda harus memastikan blog memilik konten yang banyak dan rutin diperbaharui. Tanpanya, DA tidak akan bisa meningkat,

Ingat lagi, tujuan blog anda adalah dibaca oleh manusia bukan mesin. Artinya, setiap konten yang disajikan di blog haruslah memberikan kepuasan kepada pengunjung yang membacanya.

3. Jangan Lupakan Media Sosial

Mesin pencari memiliki algoritma sendiri untuk media sosial. Konten yang populer di media sosial akan dianggap lebih bernilai daripada yang tidak dan akhirnya meningkatkan DA. Singkatnya, Anda harus selalu membagikan konten blog di media sosial.

4. Gunakan Internal Link 'Tautan Internal'

Memasukkan tautan internal di dalam konten akan membantu mesin pencari dalam merayapi blog. Halaman blog yang tidak terhubung dengan halaman lainnya di blog akan bernilai lebih rendah daripada yang terhubung.

Saat ini banyak situs web media massa yang menggunakan tautan internal. Hal ini juga dilakukan agar beritanya tidak berakhir di halaman yang awal mulai dibaca pengunjung. Tautan internal akan membuat pengunjung menjelajahi situs web lebih lama.

5. Hindari Broken Link

Broken link adalah tautan yang tidak aktif lagi. Normalnya, tautan yang sudah mati akan mengalihkan pengunjung ke halaman kesalahan 404. Halaman kesalahan 404 akan membawa citra buruk bagi blog. 

Anda dapat memeriksa broken link di blog dengan banyak tools yang tersedia di internet. Pastikan tidak ada halaman yang bernilai tidak ada isinya ini di blog Anda.

Foto: SEJ

Apa pendapat Anda tentang artikel ini? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama