Cara Mengetahui Lokasi Server Website

Saat ini banyak penyedia hosting yang menawarkan layanan terbaik bagi konsumennya. Penyedia hosting mungkin saja mengeklaim lokasi server mereka di Singapura. Namun, ketika dicek ternyata berada di lokasi lain. Hal-hal ini yang perlu kita hindari agar tidak merugikan.

Lokasi server menentukan seberapa cepat website anda dapat diakses. Sebagai perbandingan, ketika suatu website diakses dari Indonesia, akan lebih cepat terbuka ketika server-nya di Singapura dibandingkan server di Amerika Serikat.

Untuk mengetahui dimana lokasi server anda, silahkan kunjungi halaman Check Host dan lakukan uji lokasi server disana. Anda bisa mengecek berdasarkan domain maupun IP address server anda.

Di situs tersebut, selain mengetahui dimana lokasi server hosting, anda juga bisa cek kualitas koneksi jaringannya dengan klik di tab Ping, HTTP, Port dan DNS. Selain itu di tab DNS anda juga dapat mengetahui berapa lama waktu TTL (Time To Live) dari IP address dan DNS yang digunakan tetap hidup.

Hal ini sangat penting apabila anda berpindah hosting setelah mengganti nameserver dan masih menunggu propagasi. Waktu yang tertera menunjukan berapa lama IP address dan DNS akan diperbarui mengarah ke hosting yang baru.

Anda juga bisa melakukan test lokasi server sebuah website. Misalkan anda ingin mengetahui dimana lokasi server website A maka anda tinggal mengeceknya di website Check Host.

Anda juga bisa mengatasi masalah lokasi server dengan menggunakan layanan Content Delivery Network (CDN) yang membuat mirror server website anda di banyak tempat. Sehingga tidak mempengaruhi kecepatan akses website anda.

Sumber: Bumi Anoa
Foto: GT Metrix

Apa pendapat Anda tentang artikel ini? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama