Jika Anda memiliki telah domain dan hosting namun ingin mengarahkan domain ke Blogger. Anda bisa melakukannya dengan cara manage DNS domain-nya agar diarahkan ke Blogger.

Manage DNS tidak harus dilakukan di dasbor penyedia layanan namun juga bisa dilakukan melalui cPanel. Hal ini bertujuan agar email di cPanel tetap bisa digunakan, walaupun domain diarahkan ke Blogger.

Pemilihan Blogger sebagai CMS situs web Anda juga bisa tepat untuk dilakukan. Blogger memiliki keunggulan dalam sisi kehandalan server. Hal ini karena Blogger menggunakan server milik Google yang terbukti kehandalannya.

Berikut adalah panduan custom domain ke Blogger melalui cPanel:

1. Masuk ke akun Blogger.com Anda.

2. Setelah masuk, Klik “Settings”.

3. Klik “Custom Domain“.


4. Isi kolom dengan nama domain Anda. Misal nama domain mogodev.id, maka cara mengisinya www.mogodev.id kemudian klik Save.


5. Langkah selanjutnya Anda akan mendapatkan pesan error. Hal ini karena DNS record belum diarakan ke Blogger. Pesan error akan disertai dengan record cName yang harus Anda tambahkan pada DNS domain-nya. Berikut contohnya:

cName yang diberi kotak merah tersebut akan digunakan untuk setting di Zone Editor.

6. Setelah mendapatkan cName, silahkan masuk ke cPanel hosting lalu klik menu Zone Editor > Manage > Edit.


7. Edit record www yang diarahkan ke ghs.google.com dan tambahkan record cName yang telah Anda dapatkan pada urutan ke-5. cName yang kedua adalah kode acak jadi pengaturan satu dengan yang lain bisa berbeda.





8. Setelah itu, masuk ke menu Redirects dan atur pengalihan domain mogodev.id ke https://www.mogodev.id [sesuaikan dengan nama domain Anda].


Sebaiknya seluruh domain anda menggunakan SSL (HTTPS) karena akan berpengaruh kepada SEO. 
Setelah selesai silahkan anda kembali ke Blogger tadi pada tampilan berikut. Silahkan coba klik “Save”. Bila masih tidak bisa, mungkin itu masih dalam propagasi. Propagasi antara 1-24 jam.

Selanjutnya, bila sudah diklik Save, silahkan lakukan pengalihan juga ke www sesuai panduan berikutnya;

10. Buka ‘Settings’, dan aktifkan Redirect domain.

11. Disarankan mengaktifkan SSL (HTTPS), silahkan setting sebagai berikut.
Tunggu beberapa saat, sampai tombol HTTPS redirect aktif. Setelah itu bisa aktifkan setting HTTPS redirect.

Selamat mencoba 🙂

Post a Comment

Apa pendapat Anda tentang artikel ini? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini.

Lebih baru Lebih lama